Selasa 27 Oktober 2020, 05:00 WIB

Wirausaha Sosial Makin Diminati

(RO/E-1) | Ekonomi
Wirausaha Sosial Makin Diminati

DOK BNI
RUMAH KREATIF BNI

 

Wirausaha sosial kini semakin berkembang dan banyak digeluti kalangan milenial. Kemampuan mereka dalam dunia digital dan kreativitas berhasil melahirkan karya dan produk-produk yang menembus mancanegara.

Sosok Meybi Agnesya, di antaranya. Founder Timor Moringa ini bergerak meningkatkan kesejahteraan petani di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), melalui inovasi produk daun kelor.

Ada juga Afidha Fajar Adhitya (founder Ebony Watch) yang berhasil membangun brand jam tangan dari Klaten hingga menembus pasar dunia melalui pemasaran digital.

Demikian juga Adhika Mahardhika (brand Agradaya) yang sukses memberdayakan lebih dari 300 petani dengan inovasi produk rempah kekinian.

"Menjadi wirausaha sosial buat generasi muda saat ini adalah bentuk semangat Sumpah Pemuda yang kekinian, bagaimana mereka bisa bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga lingkungan di sekitarnya,"jelas Corporate Secretary BNI Meiliana di Jakarta, kemarin.

BNI memfasilitasi kegiatan bagi para wirausaha sosial untuk bertukar informasi dan membagikan pengalamannya dalam UMKM Virtual Week Spesial Sumpah Pemuda yang dilaksanakan secara virtual pada 20-26 Oktober 2020 dengan tema Muda, berdaya dan berdampak.

Salah satu pendiri brand Ayo Naik Kelas, Nur Aini Hanifah, mengatakan anak muda butuh panggung positif untuk mereka berkarya.

"UMKM Muda Virtual Week adalah sebuah inisiatif sosial dari Ayo Naik Kelas bersama Rumah BUMN BNI untuk memberikan apresiasi dan energi positif bagi anak-anak muda untuk terus bergerak dan berdampak dari hal terkecil yang bisa mereka lakukan untuk Indonesia Maju," ujar Nur Aini.

Hingga saat ini, BNI membina 44 Rumah BUMN di seluruh Indonesia melalui program-program pelatihan untuk mendorong UMKM Naik Kelas serta membantu pembiayaan UKM melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). (RO/E-1)

Baca Juga

MI/Reza Sunarya

Kemenhub Gandeng Astra Uji Coba Car Terminal di Patimban

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 30 November 2020, 21:14 WIB
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) gandeng perusahaan manufaktur Astra  dalam uji coba bongkar muat car terminal di Pelabuhan...
Ist

Fintech Mulai Merambah ke Sektor Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 November 2020, 18:08 WIB
Dengan fintech pertanian, petani sekarang memiliki peluang yang lebih baik untuk menjalin hubungan langsung dengan pemberi...
DOK KEMENTAN

Mentan Ajak Perguruan Tinggi Bangun SDM Pertanian Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 November 2020, 15:19 WIB
Menurut Mentan, perguruan tinggi memiliki tanggungjawab yang sama dalam menyediakan kebutuhan pangan bagi 270 juta penduduk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya