Jumat 23 Oktober 2020, 14:53 WIB

Jokowi Tersenyum Lihat Hasil Kerja Mantan Mentan

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Jokowi Tersenyum Lihat Hasil Kerja Mantan Mentan

DOK Istimewa
.

 

PRESIDEN Jokowi tersenyum melihat hasil kerja mantan Mentan Andi Amran Sulaiman dalam upayanya melakukan swasembada gula di Indonesia.

Hal ini terlihat sewaktu Jokowi mengunjungi dan meresmikan pabrik gula PT Jhonlin Batu Mandiri (JBM), Bombana, Sulawesi Utara, yang diproyeksikan menjadi pabrik gula terbesar di Asia Tenggara, Kamis (22/10). Jokowi berharap ke depan ada lagi 15 lagi pabrik gula yang dibangun sehingga Indonesia mampu memenuhi komsumsi gula baik di Indonesia maupun dunia.

Seperti diketahui, di era kepemimpinan Andi Amran Sulaiman di Kementerian Pertanian (Kementan), telah dicanangkan membangun 10 pabrik gula, salah satunya milik PT JBM. Pabrik gula lain antara lain PT Laju Perdana Indah, PT Sukses Mantap Sejahtera, PT Gendhis Multi Manis, PT Kebun Tebu Mas, PT Industri Gula Glenmore, PT Adhi Karya Gemilang, dan PT Rejoso Manis Indo. Pabrik PT Pratama Nusantara Sakti serta PT Muria Sumba Manis akan mulai beroperasi pada Desember 2020.

Menurut pengamat dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, yang pernah dicapai Andi Amran Sulaiman memang sangat bersinar. “Terobosan yang dilakukan Pak Amran sewaktu menjabat menjadikan pertanian Indonesia diakui dunia. Ini menteri yang dari daerah tapi prestasinya mendunia," ujarnya.

Hendri juga menambahkan kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) selama lima tahun kepemimpinan Menteri Andi Amran telah meletakkan pertanian nasional bersinar dan mendapat apresiasi positif baik, di dalam maupun luar negeri.

“Target yang sangat tinggi telah ditetapkan dan dicapai Pak Amran. Saya rasa sulit dicapai oleh menteri lain," katanya.

Menurut Hendri, kebijakan yang telah dilakukan Amran yang sangat memperhatikan kesejahteraan petani mampu menggenjot hasil pertanian secara signifikan. “Pak Amran berhasil menjaga stok keamanan pangan dan membuat rakyat lebih nyaman sebab ketersediaan pasokannya aman," tegasnya. (RO/OL-14)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

BI Beli SBN Pemerintah Rp473,2 Triliun pada 2020

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 22 Januari 2021, 06:30 WIB
Pendanaan dan pembagian beban dalam APBN itu bertujuan memulihkan ekonomi nasional yang terdampak badai pandemi...
Antara/Zabur Karuru

PUPR Targetkan Pengalihan BPWS Lebih Awal

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 22 Januari 2021, 05:10 WIB
Keputusan itu mengacu Perpres 112/2020 terkait pembubaran lembaga nonstruktural. Nantinya, ada pengalihan aset milik BPWS senilai Rp1,2...
Antara/Septianda Perdana

BRI: Menumbuhkan Kredit Jadi Tantangan 2021

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 22 Januari 2021, 01:10 WIB
Pada 2020 lalu, pertumbuhan kredit di Bank BRI minus 2,42% akibat nasabah perorangan hingga korporasi terdampak pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya