Kamis 17 September 2020, 17:22 WIB

Pembangunan Transportasi Harus Ciptakan Perekonomian Baru

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pembangunan Transportasi Harus Ciptakan Perekonomian Baru

Antara
Infrastruktur transportasi

 

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan, adanya pembangunan infrastruktur transportasi untuk menciptakan lapangan kerja serta menghidupkan ekonomi baru.

Pembangunan sistem transportasi, sebutnya, harus diamati dengan kacamata yang berbeda, tidak hanya memperhatikan biaya yang harus ditanggung oleh masyarakat dalam melakukan perjalanan atau out-of-pocket cost semata.

"Tapi juga harus memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan di suatu wilayah agar muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru," kata Budi webinar Publik Hari Perhubungan Nasional "Wujudkan Asa, Majukan Indonesia" pada Kamis (17/9).

Selain berdampak terhadap suatu wilayah, Menhub mengatakan, pembangunan sistem tranportasi harus dilakukan secara berkelanjutan yang memungkinkan kebutuhan akses yang mendasar bagi masyarakat.

Baca juga :Dorong Pemulihan Ekonomi, BI Pertahankan Suku Bunga Acuan

Kebutuhan itu kata Budi, dapat terpenuhi dengan terjangkau, efisien, dan mendukung perkembangan ekonomi.

"Adanya pembangunan sistem transportasi yang berkelanjutan nantinya diharapkan dapat menekan emisi atau limbah, meminimalisir konsumsi sumberdaya yang tidak terbarukan," terang Budi.

Diakui Menhub ada sejumlah tantangan yang belum terselesaikan dalam proses pembangunan transportasi. Diantaranya pemenuhan akses dan keterjangkauan, peningkatan pendapatan masyarakat dan perubahan karakteristik pasar baik lokal, regional maupun global, akan menuntut kualitas pelayanan transportasi yang lebih baik.

Hari Perhubungan Nasional, ungkap Budi, insan transportasi harus tetap dijalankan maksimal meski dengan mengedepankan protokol kesehatan dalam setiap pelayanan tranportasi. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok. Infinix

Kolaborasi dengan Mobile Legends, Infinix Luncurkan Ponsel Gaming

👤Dero Iqbal mahendra 🕔Minggu 11 April 2021, 05:05 WIB
Infinix berkolaborasi dengan Moonton sebagai pengembang resmi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) untuk mewujudkan ponsel yang nyaman...
MI/LIna Herlina

Dukung Larangan Mudik, ASDP Tutup Penjualan Tiket untuk 6-17 Mei

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 11 April 2021, 04:53 WIB
ASDP mengimbau pengguna jasa penyeberangan agar menunda perjalanan dengan kapal ferry pada periode waktu tersebut, kecuali mereka...
Dok. Pribadi

Kolaborasi Vape East Movement-VIVO Gencarkan Edukasi Seksual

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 11 April 2021, 04:31 WIB
"Hal ini dilakukan oleh kedua belah pihak sebagai bentuk ajakan penikmat rokok elektrik / vapers untuk memerangi banyaknya kasus yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tata Ulang Desain Olahraga Nasional untuk Capai Prestasi

 Prestasi tidak dicapai dengan proses singkat. Kerap kali butuh waktu bertahun-tahun untuk meraihnya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya