Rabu 19 Agustus 2020, 15:00 WIB

Antisipasi Peningkatan Penumpang, Perjalanan Kereta Api Ditambah

Putri Anisa Yuliani | Ekonomi
Antisipasi Peningkatan Penumpang, Perjalanan Kereta Api Ditambah

Antara
Ilustrasi

 

MENYAMBUT libur panjang akhir pekan, KAI menambah beberapa perjalanan KA pada periode 19-23 Agustus untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pelanggan kereta api.

"KAI menambah perjalanan kereta api dalam rangka menyambut libur Tahun Baru Islam dan cuti bersama akhir pekan ini," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya, Rabu (19/8).

Adapun KA-KA yang ditambahkan pada akhir pekan ini di antaranya KA Gajayana (Gambir - Malang pp), Jayabaya (Pasar Senen - Malang pp), Jaka Tingkir (Pasar Senen - Purwosari pp), Dharmawangsa (Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp), Harina (Bandung - Surabaya Pasarturi pp), Pasundan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng pp) dan berbagai KA dengan tujuan kota-kota lainnya.

Masyarakat bisa mengecek jadwal selengkapnya dan melakukan pemesanan tiket mulai H-7 keberangkatan di aplikasi KAI Access, web KAI, dan seluruh channel penjualan resmi tiket KAI lainnya. Pemesanan pada loket di stasiun hanya dilayani 3 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Baca juga : Bayar Tiket Ferry Antarpulau kini bisa Pakai LinkAja

Pada perjalanan 19-23 Agustus 2020, KAI rata-rata mengoperasikan 260 KA perhari, atau naik 21% dari periode yang sama pada pekan sebelumnya yaitu rata-rata 215 KA perhari.

Khusus perjalanan KA Jarak Jauh, jumlahnya mencapai rata-rata 88 KA Jarak Jauh per hari pada periode tersebut. Jumlah ini naik 49% dari periode yang sama pada pekan sebelumnya yaitu rata-rata 59 KA Jarak Jauh per hari.

"Dengan adanya hari libur yang berdekatan ini, minat masyarakat untuk naik kereta api terus tumbuh dari hari ke hari," ujar Joni.

Terlihat pada periode libur HUT RI pekan lalu, volume pelanggan pada keberangkatan 14-17 Agustus 2020 mencapai 266.424 pelanggan. Jumlah tersebut naik 29% dibanding periode yang sama pada pekan sebelumnya yaitu sebanyak 207.297 pelanggan.

Lebih rinci, kenaikan pada KA Jarak Jauh sebesar 45% dari 59.436 pelanggan menjadi 85.983 pelanggan. Sedangkan untuk KA Lokal naik 22% dari 147.861 pelanggan menjadi 180.441 pelanggan.

"KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan rutin menyosialisasikan Gerakan 3M yaitu Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak kepada pelanggan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan pelanggan pada perjalanan kereta api," tutup Joni.(OL-2)

 

Baca Juga

Ist/Kementerian BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir Tinjau Progres Pemugaran Gedung Sarinah

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Januari 2021, 10:42 WIB
Dirut PT Sarinah Fetty Kwartati mengatakan bahwa Sarinah sebagai gedung dengan predikat cagar budaya juga memiliki sebuah karya seni rupa...
Dok: PUPR

PUPR Rampungkan Empat Venue PON XX Papua 2021

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 17 Januari 2021, 09:37 WIB
Keempat venue yang sudah rampung yakni Venue Area Aquatic, Venue Istora Papua Bangkit dan Venue Arena Cricket dan Hockey Indoor dan...
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Sandiaga Pastikan Mandalika Layak Jadi Venue Wisata Olahraga

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 17 Januari 2021, 09:21 WIB
Sandiaga menyebut kawasan mandalika layak menjadi venue wisata...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya