Jumat 24 Juli 2020, 21:40 WIB

Menperin Dukung Apple Developer Academy di BSD City

RO | Ekonomi
Menperin Dukung Apple Developer Academy di BSD City

DOK: Sinar Mas Land
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita ketika berkunjung ke Apple Developer Academy di BSD City pada Kamis (23/7).

 

MENTERI Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita menilai perkembangan industri teknologi digital perlu dikawal dengan baik. Pasalnya, perkembangan industri teknologi digital pada masa pandemi covid-19 telah membuat beragam aktivitas fisik beralih ke virtual dan online melalui komputer atau smartphone.

Hal itu diungkapkan Menperin ketika berkunjung ke Apple Developer Academy di BSD City pada Kamis (23/7). Dalam kunjungan tersebut, Menperin didampingi oleh Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin Taufik Bawazier, Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe, Manager Government Affair South East Asia Apple Mirza Natadisastra, Dirjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kemenperin Gati Wibawaningsih, dan Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land Irawan Harahap.

"Kami berharap Apple Developer Academy bisa terus mendukung kita menuju Indonesia 4.0 karena banyak sektor masih belum bersentuhan dengan teknologi digital. Kami sangat yakin inovasi berbasis teknologi dapat membuat industri menjadi lebih efisien sehingga daya saing kita menjadi lebih kuat. Kami mendukung siswa dan alumni Apple Developer Academy agar dapat memberikan kontribusi untuk ekonomi digital negara, khususnya dengan lokasi di BSD merupakan hub antara digital talent dengan industri," ujar Agus Gumiwang Kartasasmita.

Ia berharap sumber daya manusia (SDM) sektor industri ini dapat mengakselerasi kemampuan di bidang digital dengan turut mengikuti pembelajaran intensif di Apple Academy. "Saat ini Kemenperin gencar mendorong daya saing industri, di antaranya menambah keahlian di bidang digitalisasi kepada SDM industri."

Menurut Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap, perusahaan melalui Digital Hub terus memfasilitasi pendidikan, komunitas, dan bisnis digital, termasuk di Apple Developer Academy. "Ini merupakan wujud keseriusan kami dalam mengembangkan integrated smart digital creative city," ujarnya.

Apple Developer Academy merupakan wadah pengembangan talenta digital yang dibangun oleh Apple Inc dan didukung Sinar Mas Land. Sekolah coding ini membekali para siswanya dengan tiga kemampuan utama, yakni teknikal, bisnis, dan desain.

Apple Developer Academy memiliki visi untuk membangun SDM Indonesia mampu mengembangkan aplikasi dan teknologi dalam memecahkan permasalahan sosial berbasis operating system dari Apple.

Di tengah pandemi covid-19, proses pembelajaran kepada 200 siswa batch keempat di Apple Developer Academy BSD City tetap berlangsung secara online dan dibimbing oleh mentor pilihan Apple Inc. Apple Developer Academy BSD City juga sedang mempersiapkan pendaftaran dan seleksi siswa baru untuk angkatan selanjutnya yang akan mulai belajar di awal tahun depan.

Sinar Mas Land saat ini tengah menggarap Digital Hub, yang merupakan area bagi komunitas digital, mulai dari start up company, institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT hingga perusahaan multinasional berbasis teknologi.

Digital Hub memiliki area seluas 25,86 hektare dan terletak di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Saat ini, sejumlah perusaahan yang bergerak di bidang IT telah berkantor di kawasan Green Office Park seperti Grab Indonesia, Huawei, Sales Stok, Ev Hive, Orami dan akan direlokasi ke kawasan Digital Hub ketika pembangunan proyek tersebut telah selesai.

Sejumlah institusi pendidikan di bidang coding juga telah hadir di BSD City seperti Apple Developer Academy, Binar Academy, Techpolitan, Creative Nest dan Purwadhika. Keberadaan institusi tersebut berguna untuk menyuplai para tenaga developers ke sejumlah perusahaan nasional dan multinasional berbasis teknologi. (S-1)

 

Baca Juga

ANTARA

Sosialisasi UU HPP, Masyarakat Diimbau Manfaatkan Pengungkapan Harta Sukarela

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 13:30 WIB
UU HPP adalah konstruksi baru perpajakan Indonesia, dan era baru ini disertai dengan kesepakatan politik, restu politik untuk melihat...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

IHSG Pekan Ini Ditutup Meningkat ke level 6.700

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 10:36 WIB
Rata-rata volume transaksi harian bursa juga terkoreksi 5,49 persen menjadi 17,73 miliar saham dari 18,76 miliar saham pada pekan...
ANTARA/Erick Yusuf

Bersih-bersih BUMN, Erick Thohir: Ini Bukan Arogansi

👤Widhoroso 🕔Jumat 21 Januari 2022, 21:22 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir mengatakan program 'bersih-bersih' di lingkungan Kementerian BUMN jangan disalahartikan sebagai suatu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya