Jumat 19 Juni 2020, 22:28 WIB

Percepat Pengambilan Keputusan Berbasis Data

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Percepat Pengambilan Keputusan Berbasis Data

Antara
Paparan kinerja Bank Mandiri triwulan IV-2019 di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

 

BANK Mandiri mempercepat pengambilan keputusan berbasis data di perusahaan dengan menggandeng platform analitik, Tableau Software. Demikian disampaikan Wakil Presiden Senior Group Enterprise Data Management Bank Mandiri Billie Setiawan.

Menurut Billie, fungsi bisnis utama seperti pencairan dan pembaruan kredit serta profil dan keterlibatan nasabah telah memanfaatkan akses ke Tableau. Proses ini membantu mereka melakukan pekerjaannya dengan lebih baik sekaligus dalam mengambil keputusan.

Baca juga:BRI Gelar Akad Kredit Massal Program Rumah Murah KPR Sejahtera

Ia menambahkan, dashboard Mandiri dari Tableau akan mempermudah proses bisnis dan meningkatkan kecepatan pengiriman informasi dalam bank. Pembuatan laporan business intelligence yang sebelumnya memerlukan waktu 2 minggu bisa diselesaikan dalam jangka waktu 2 hari.

"Kecepatan mengakses pemahaman data terhadap visualisasi meningkat tajam sehingga Dewan Manajemen dan pemangku kepentingan lain dapat menerima informasi tepat waktu," ujar Billie dalam keterangan di Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Ia menambahkan, penggunaan Tableau sekaligus untuk mendorong budaya data serta demi meningkatkan literasi data dalam perseroan. Pihaknya juga membentuk Mandiri Tableau User Group agar karyawan dapat belajar dan berbagi.

"Proses ini dipimpin oleh divisi EDM dengan memberikan pelatihan data. Kami memiliki tujuan untuk menghilangkan hambatan data bagi kelompok bisnis yang berbeda melalui edukasi dan keterlibatan nasabah yang lebih luas,” lanjutnya.

Lebih jauh ia berharap kemitraan ini dapat mengaktifkan analitik mandiri dan memberdayakan karyawan dengan memberikan akses ke pemahaman data yang dibutuhkan.

Baca juga:BRI Berhasil Mengundang Mitra Internasional untuk BRI Life

Di sisi lain, Country Manager Asia Tenggara Tableau Leslie Ong menjelaskan, saat ini lembaga keuangan harus memanfaatkan analitik data untuk melakukan transformasi bisnis mereka.

“Kami berharap dapat bekerja sama dan mendukung Bank Mandiri dalam mencapai tujuan bisnis dan visinya melalui solusi analitik modern,” ujarnya. (RO/A-3)

Baca Juga

DOK/CITI INDONESIA

Citi Indonesia Latih 300 Wirausahawan Pemula dari Tiga Kota

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:15 WIB
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam manajemen bisnis, pengelolaan keuangan personal dan...
DOK Pribadi.

Mau Buka Bisnis Minuman Kekinian? Begini Caranya

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 21:50 WIB
Berdasarkan tingginya minat konsumen terhadap banyaknya minuman kekinian yang tersebar di pasaran saat ini, bisnis ini pun menjadi salah...
Antara

ESDM: 71 Perusahaan belum Penuhi Kewajiban DMO ke PLN

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 21:44 WIB
Pemerintah akan segera memblokir fitur ekspor dalam aplikasi MOMS, bagi perusahaan pertambangan batu bara yang tidak memberikan penjelasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya