Rabu 02 Maret 2016, 11:31 WIB

Rupiah Menguat Menjadi Rp13.310

Ant/X-11 | Ekonomi
Rupiah Menguat Menjadi Rp13.310

Ilustrasi -- ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

 

NILAI tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pagi ini bergerak menguat sebesar 36 poin menjadi Rp13.310 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.346 per dolar AS.

"Periode Februari 2016 yang mengalami deflasi memberikan sentimen positif bagi pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS," kata Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Rabu (3/2).

Kemarin (Selasa, 1/3), Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Februari 2016 terjadi deflasi sebesar 0,09 persen. Dengan demikian, inflasi tahun kalender Januari-Februari 2016 tercatat 0,42 persen dan inflasi tahunan (year on year) mencapai 4,42 persen.

Rilis data ekonomi tersebut, lanjut dia, menunjukan adanya perbaikan sentimen di pasar keuangan domestik, pelaku pasar kembali memproyeksikan Bank Indonesia akan kembali melakukan pelonggaran kebijakan moneter dalam rangka membantu upaya pemulihan ekonomi domestik.

Di sisi lain, ia menambahkan bahwa harga minyak mentah dunia yang bergerak stabil menambah sentimen positif bagi mata uang komoditas, salah satunya rupiah.

Terpantau, harga minyak mentah jenis WTI Crude pada Rabu (2/3) pagi ini, berada di level 33,97 dolar AS per barel. Sementara minyak mentah jenis Brent Crude di posisi 36,64 dolar AS per barel.

Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere menambahkan bahwa siklus deflasi diperkirakan berlanjut hingga Mei 2016, karena dalam beberapa bulan ke depan akan masuk musim panen.

"Laju inflasi yang terjaga di level rendah mengapresiasi rupiah, karena Bank Indonesia berpotensi kembali memangkas suku bunga acuan. Apresiasi rupiah juga dikarenakan oleh 'capital inflow' melalui lelang surat utang negara (SUN)," paparnya.(X-11)

Baca Juga

Antara

Sandiaga Ingin Kembangkan Ekonomi Kreatif Unggulan di Jambi

👤Ant 🕔Rabu 08 Desember 2021, 23:57 WIB
Ia menilai Jambi memiliki potensi wisata yang kaya dengan dibuktikan adanya dua Kawasan Strategis Pariwisata...
Dok. INPP

INPP Gandeng Cornerstone dan Cushman & Wakefield Dalam Pengembangan Antasari Place 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 23:08 WIB
"“Sejak awal kami perlu memastikan pemenuhan hak konsumen untuk mendapatkan layanan yang berkualitas untuk calon...
Dok. Blibli

CEO Blibli Kusumo Martanto Raih Penghargaan Marketing Champion Marketeer Of The Year 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 23:05 WIB
Pengakuan itu dinilai dewan juri dari keberhasilan Kusumo menavigasi Blibli lewat gebrakan bisnis dan inovasi pemasaran yang memberikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya