Sabtu 16 Mei 2020, 11:15 WIB

​​​​​​​Bank Mandiri Masuk Jajaran World Best Bank 2020

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
​​​​​​​Bank Mandiri Masuk Jajaran World Best Bank 2020

ANTARA/NOVA WAHYUDI
Karyawan Bank Mandiri mengenakan pakaian adat kebaya menghitung uang saat melayani nasabah di kantor cabang di Jatinegara, Jakarta.

 

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk masuk dalam jajaran bank terbaik dunia versi Global Finance World's Best Bank 2020. Bank milik negara tersebut bersanding dengan bank terbaik di Asia Pasifik seperti DBS Singapura, Hana Bank Korea Selatan hingga Commonwealth Bank Australia.

Dalam laporannya yang baru dirilis Global Finance tersebut, Direktur Moody's Financial Institutiona Group di Hong Kong Graeme Knowd menuturkan, di tengah ketidakpastian akibat pandemi covid-19 bank yang ada di Asia Pasifik justru membukukan kinerja yang stabil.

Hal itu karena bank-bank tersebut memiliki buffer modal yang besar, biaya kredit yang rendah, sebagian besar didanai oleh deposito pasar modal dan kemauan untuk memenuhi tantangan digitalisasi dengan inovasi. Itu akan menjadi awalan yang positif setelah pandemi covid-19 usai.

"Bank-bank di Asia Pasifik berada dalam posisi yang baik dan kami percaya bahwa setelah krisis, bank-bank berperingkat tinggi di Asia akan kembali ke profabilitas dan terus mendapat peringkat tinggi," ujar Knowd dalam laporan yang diterima Sabtu (16/5).

Baca juga: Wall Street Menguat di Akhir Pekan meski Penjualan Ritel Anjlok

Bank Mandiri 60% dimiliki oleh pemerintah Indonesia, mencatatkan peningkatan laba bersih dan aset konsolidasi yang meningkat 10% pada 2019 dengan mengurangi tingkat Non Performing Loan (NPL) sebesar 40 basis poin menjadi 2,4%.

Selain itu, Bank Mandiri juga berhasil menaikkan jumlah nilai Surat Berharga Jangka Menengah Global sebesar US$750 juta di 2019. Angka itu merupakan terbesar yang pernah dicatatkan oleh bank di Indonesia.

Bank Mandiri juga disebut tengah mengejar percepatan program digiralisasi. Perseroan juga dianggap mampu bersinergi dengan baik bersama anak perusahaan di berbagai bidang seperti perbankan syariah, multifinance, asuransi dan ceruk perbankan. (A-2)

 

Baca Juga

Antara

Perekomian di Jawa Paling Terpukul Akibat Pandemi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:30 WIB
Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di kota-kota besar Pulau Jawa memengaruhi minat investor menanamkan...
Antara

Sandiaga : Dana Wakaf Dapat Mempertahankan Lapangan Kerja

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:00 WIB
"Dana wakaf ini insyaallah akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kegiatan sosial yang lebih luas, apalagi di tengah pandemi...
Antara

Anggaran Kemenhub Dipangkas Rp12,4 T untuk Vaksinasi Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 20:49 WIB
Seperti diketahui, pemangkasan tersebut terjadi setelah ada instruksi dari Kementrian Keuangan melakukan refocusing anggaran 2021 soal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya