Senin 11 Mei 2020, 15:45 WIB

Ini Sektor yang Turun Permintaan Kreditnya dan Macet

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Ini Sektor yang Turun Permintaan Kreditnya dan Macet

MI/Supardji Rasban
Dampak covid-19, pekerja perhotelan banyak dirumahkan.

 

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan terdapat beberapa sektor yang mulai mengalami penurunan permintaan kredit hingga kredit macet.  Sektor-sektor tersebut bagian yang terdampak langsung dari pandemi covid-19.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso menjelaskan, sektor-sektor yang mulai mengalami kredit macet dan penurunan permintaan kredit di antaranya perhotelan, transportasi dan restoran. Sektor-sektor tersebut terdampak karena pengunjung dan penggunanya turun drastis akibat pandemi.

"Hotel penghuninya sudah berkurang banyak, transportasi sudah juga berhenti restoran juga sudah tidak ada pengunjungnya. Tapi ini semua kan bersifat sementara dan akan kita lihat kondisinya," ungkap Wimboh dalam video conference KSSK, Senin (11/5).

Selain itu, kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) dari data dimiliki oleh OJK juga mencatatkan adanya kenaikan 2,77% dibanding posisi Desember 2019 sebesar 2,53%.

"Beberapa sektor pendorong tingginya NPL yaitu transportasi, pengolahan, dan rumah tangga," sambungnya.

Meskipun demikian Wimboh menambahkan, OJK melihat kredit-kredit sebetulnya masih tumbuh karena perusahaan-perusahaan tersebut mempunyai fasilitas kredit yang ada.

"Kredit masih tumbuh karena perusahaan yang punya fasilitas masih menarik karena di kondisi ini mereka justru memerlukan tambahan kredit dimana fasilitasnya sudah ada dan ada yang sudah direncanakan sebelumnya harus jalan proyeknya dan ini tetap jalan," pungkas Wimboh. (E-1)

Baca Juga

Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Dukung SWF Indonesia, Jepang Siap Investasi Rp57 Triliun

👤(Des/Aiw/E-3) 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:25 WIB
JEPANG melalui Japan Bank for International Cooperation (JBIC) siap mendukung Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia dengan menginvestasikan...
Istimewa

Penerapan Industri Hijau dan Circular Economy Naikkan Daya Saing

👤Haryanto 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 22:35 WIB
PENINGKATAN produktivitas dan daya saing sektor industri manufaktur merupakan salah satu kunci untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi...
Dok.BCA

BCA Raih 33 Award di Contact Center World - Asia Pasifik 2020

👤Heryadi 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 21:22 WIB
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil membuktikan layanan yang prima dengan membawa pulang 33 penghargaan dalam beberapa kategori ajang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya