Senin 04 Mei 2020, 22:45 WIB

Kartu Prakerja Prioritaskan Korban PHK

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Kartu Prakerja Prioritaskan Korban PHK

Antara/Muhammad Bagus Khoirunas
Warga mencari informasi persyaratakan program Kartu Prakerja

 

Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja, Panji Winanteya Ruky, mengatakan tetap memberikan prioritas kepada korban pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat wabah covid-19.

"Pekerja yang mengalami PHK sesuai pendataan oleh kementerian terkait menjadi prioritas untuk menjadi peserta dalam program ini," kata Panji skepada Media Indonesia, Senin (4/5).

Penyaringan terhadap peserta prakerja sendiri dilakukan mulai dari awal pengisian data diri hingga penyeleksian oleh kementerian terkait.

"Penyaringan juga dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan juga melibatkan kementerian lainnya. Sementara, Manajemen Pelaksana terima hasil pendataan dari kementerian," ujar Panji.

Hingga saat ini gelombang ke 3 program kartu prakerja sudah ditutup pada (30/5/2020) bagi masyarakat yang tidak lolos bisa mendaftar di gelombang ke 4 tanpa harus melakukan pembuatan akun ulang.

Pendaftaran sendiri dilakukan di portal resmi program kartu prakerja www.prakerja.go.id.  "Namun masyarakat tetap harus melakukan pendaftaran di situs resmi," pungkasnya.

Saat ini pelaksanaan program Kartu Prakerja mendapatkan sorotan dari berbagai pihak. Ada yang mengatakan bahwa program ini bermasalah karena penunjukan mitra dari penyedia layanan pelatihan daring. Ada juga yang mengatakan bahwa program ini tidak dibutuhkan oleh korban PHK yang lebih membutuhkan dana untuk bertahan hidup ketimbang mengikuti pelatihan.

Pemerintah berjanji untuk melakukan evaluasi dari pelaksanaan program Kartu Prakerja ini.

Komisi IX DPR dan pemerintah dijadwalkan akan bertemu pada pekan ini guna membahas evaluasi dan perbaikan program Kartu Prakerja. (E-1)

Baca Juga

Ist/DPR

Anggota DPR Minta Pemerintah Tinjau Ulang Batas Baris Kemiskinan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:50 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati mengatakan Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari 1,9 dolar AS menjadi 2,15 dolar AS...
Ist

Capai Kinerja Terbaik, Nicke Widyawati Dikukuhkan sebagai Dirut Pertamina untuk Dua Periode

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:44 WIB
Nicke Widyawati dinilai oleh Pemegang Saham mampu mengantarkan Pertamina menjalankan transformasi perusahaan sekaligus meraih kinerja...
Antara

Perusahaan Besar Wajib Berikan Bantuan Pada Masyarakat Di Sekitar Lokasi Industrinya

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:36 WIB
Kamar Dagang dan Industri Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya