Kamis 09 April 2020, 12:42 WIB

Tangkap Peluang Bisnis di Sektor Industri Digital

Heryadi | Ekonomi
Tangkap Peluang Bisnis di Sektor Industri Digital

Istimewa
Banyak pemuda milenial meraih sukses dengan memanfaatkan teknologi digital.

 

INDUSTRI digital dan industri teknologi di Indonesia semakin hari semakin berkembang sangat pesat. Data menyebutkan, pertumbuhan industri ekonomi digital di Indonesia meningkat sangat signifikan dan mencapai 40% setiap tahun.

Diprediksi hingga 2025 pertumbuhan industri digital berpotensi mencapai US$130 miliar atau setara dengan Rp1.820 triliun (kurs Rp14.000). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, nilai ekonomi digital di Indonesia mencapai US$40 miliar atau setara Rp560 triliun pada 2019.

Ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa untuk Indonesia dalam sektor ekonomi digital dan teknologi, termasuk kontribusi dari industri digital dan e-commerce.

Fikri Faizah menjadi salah satu contoh pemuda milenial yang sukses memanfaatkan peluang bisnis industri digital dan teknologi. Pria kelahiran Jakarta tahun 1998 ini sudah menjalankan bisnis sosial media marketing, internet marketing, berjualan tiket rekreasi, dan online travel sejak 2014, saat masih menginjak bangku sekolah menengah kejuruan.

Sebelumnya, Fikri pernah menjadi seorang selebtweet dan tergabung pada komunitas Indonesian Seleb Tweet (IST) pada periode 2010-2017 dengan menggunakan akun Twitter @sipiqi. Sampai saat ini kurang lebih 200.000 pengikut (followers) akunnya.

Dari Twitter, Fikri memperoleh banyak pemasukan dan relasi yang terbangun. Seiring dengan berjalannya waktu, Twitter mulai kurang diminati oleh pemasang iklan (advertiser), Fikri memutuskan untuk beralih membuat dan bermain Instagram. Alhasil, sampai saat ini Fikri sudah memiliki akun Instagram yang bernama @sipiqi dengan sekitar 200.000 pengikut.

Besarnya potensi peluang industri digital dan teknologi mendorong dirinya untuk membangun bisnis digitalnya di usia yang terbilang masih cukup muda, yakni 21 tahun. Bersama partnernya Alfaresta Anteng Tristansah (Instagram: @AlfarestaAT), Fikri mendirikan perusahaan yang bernama PT FFC Media Indonesia (Instagram: @FFCMediaID) pada Juli 2019. Perusahaannya bergerak dan terfokus pada digital agency, management talent, e-sports gaming, jasa digital, media, dan internet marketing.

"Kami mendirikan perusahaan ini untuk menciptakan sistem baru yang berbeda dengan perusahaan lain. Saya dan partner saya merasakan selama ini sistem yang perusahaan lain tawarkan sangat berisiko terhadap keamanan dan privasi pengguna," ujar Fikri Faizah.

Fikri mengatakan sejumlah talent-nya berasal dari kalangan youTuber, selebgram, selebtweet, artis, dan lainnya. Di antaranya, Yosua Putra (Budi Setiawan), Usama Harbatah, dan BangIjal TV.

Tak puas hanya dengan satu usaha, Fikri akhirnya membuat usaha yang kedua dan bergerak di ranah e-sports yang bernama Wolfgenk e-Sports (Instagram: @Wolfgenk). Ini karena dirinya melihat usaha tersebut sangat digandrungi generasi milenial, bahkan sampai ke kancah dunia.

FFC Media Indonesia memiliki 10 karyawan sampai saat ini. Melalui perusahaannya, Fikri Faizah berkomitmen akan selalu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dan kemajuan industri digital di Indonesia, terutama mendorong generasi milenial untuk berkarya di kancah internasional. (E-3)

 

Baca Juga

Antara/Rahmad

Temuan UNDP, UMKM Tak Mampu Bertahan Lebih dari 10 Bulan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 21 Januari 2021, 21:31 WIB
Ekonom UNDP Indonesia Rima Prama Artha menuturkan, 90% pelaku UMKM mengalami penurunan permintaan atas produk mereka selama...
Antara/Galih Pradipta

6 Program Ini Jadi Fokus Kemenkop-UKM Sepanjang 2021

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 21 Januari 2021, 20:49 WIB
“Untuk bidang perkoperasian kami menargetkan outcome terwujudnya koperasi modern,” ungkap Menteri Koperasi dan UKM Teten...
Dok. Pribadi

Banjir Pesanan, TaniHub Tumbuh Lebih dari 600% pada 2020

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 21 Januari 2021, 20:47 WIB
Presiden TaniHub Group Pamitra Wineka mengakui, tahun lalu merupakan masa yang menantang bagi pihaknya akibat pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya