Kamis 09 April 2020, 11:05 WIB

Hipmi Rilis Aplikasi KendaliCovid19 untuk Bantu Masyarakat

Dwi Tupani | Ekonomi
Hipmi Rilis Aplikasi KendaliCovid19 untuk Bantu Masyarakat

MI/AGUS UTANTORO
ilustrasi aplikasi pencari sebaran covid-19

 

HIMPUNAN Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menghadirakan aplikasi KendaliCovid untuk membantu pengendalian covid-19 di Indonesia. Aplikasi yang bisa diunduh melalui situs  kendalicovid19.id hadir sebagai salah satu upaya untuk menentukan apakah masyarakat mungkin memerlukan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terkait covid-19. 

"Dengan berpartisipasi di aplikasi ini, Anda telah membantu pengendalian covid-19 di dalam keluarga, orang-orang terdekat, dan Indonesia. HIPMI inisiatif membantu pemerintah dengan cara bekerjasama dengan perusahaan swasta anak bangsa membuat aplikasi kuesioner untuk clustering covid-19," ujar Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi Bagas Adhadirgha, seperti keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (9/4).

Bagas mengatakan, Kendalicovid19.id menggunakan data yang diproduksi oleh gadget melalui pengisian kuesioner untuk merekam informasi yang dibutuhkan seputar covid-19, sehingga memberikan kemudahan penyampaian informasi yang akurat dalam pengujian mandiri risiko tertular covid-19. Pengisian kuesioner dilakukan selama tiga hari berturut-turut dengan pertanyaan yang berbeda, untuk mengidentifikasi apakah memiliki risiko rendah, risiko sedang, dan risiko tinggi dalam terpapar covid-19.

"Jika Anda berada pada risiko sedang dan risiko tinggi, akan direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut di rumah sakit rujukan atau fasilitas kesehatan terdekat dari alamat yang didaftarkan. Bersama Kita Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 Kendalicovid19.id sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda," ucapnya.

Baca juga: Dampak Covid-19, 1,2 Juta Orang Telah Kehilangan Pekerjaan

Cara kerjanya menggunakan data yang diproduksi oleh gadget melalui pengisian kuesioner (self assessment) untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Setelah tahap pengisian kuesioner selesai, maka masyarakat dapat melihat hasil assesment pada gadget, dimana ada beberapa indikator dari hasil assesment tersebut, yaitu risiko rendah, risiko sedang, dan risiko tinggi.

Menurut keterangan yang tertera di situsnya, aplikasi KendaliCovid, masyarakat diminta untuk menjawab kuesioner dengan jujur dan membantu pemerintah Indonesia mengendalikan penyebaran Covid-19.

Data akan disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data hanya akan diakses bila masyarakat dalam risiko tertular Covid-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan yang ditunjuk pemerintah.

KendaliCovid sekarang sudah tersedia untuk IOS dan Android. Saat pertama kali dipasang, KendaliCovid akan muncul tampilan yang menanyakan instalasi dari sumber yang tidak dikenali oleh perangkat Android. Kemudian, setelah tekan install / pasang maka akan muncul tampilan berikut pada layar android. Silahkan klik "Install Anyway". (RO/A-2)

Baca Juga

Foto/Dok.BI

Inflasi 2022 Diperkirakan Lewati Kisaran Target

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:15 WIB
Bank Indonesia (BI) memprediksi tingkat inflasi hingga akhir tahun akan melewati batas atas kisaran target 2%-4%. Hal ini dipicu oleh...
Ist/DPR

Komisi V DPR Dorong Pembangunan Bendungan Mujur Tepat Waktu

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:01 WIB
DPR mendorong pemerintah pusat dalam hal ini PUPR untuk segera dapat melakukan pembangunan bendungan mujur tepat...
Ist/Bpjamsostek

BPJS Ketenagakerjaan Bayar Rp443 Miliar Manfaat Program Selama Setahun di Provinsi NTB

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:51 WIB
Simbolis santunan yang diserahkan Ma’ruf Amin itu sejatinya berasal dari 35 ribu lebih klaim manfaat program BPJAMSOSTEK di Provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya