Rabu 15 Januari 2020, 19:39 WIB

Sugeng : Sektor Hulu Migas Harus Didorong

Faustinus Nua | Ekonomi
Sugeng : Sektor Hulu Migas Harus Didorong

MI/Adam Dwi
Anggota DPR RI Fraksi NasDem Sugeng Suparwoto

 

SEKTOR hulu minyak dan gas (migas) harus terus di dorong mengingat turunnya lifting migas setiap tahunnya. DPR berkomitmen dukung target produksi minyak 1 juta barel per hari.

"Bisnis migas di hulu harus dihidupkan dengan konsekuansi apapun termasuk defisit anggaran itu sendiri. Kita ceritakan lifting terus turun, bagaimana tidak turun kalau gak ada eksplorasi di hulu," ujar Anggota DPR RI Fraksi NasDem Sugeng Suparwoto dalam acara peluncuran ODSP SKK Migas, Jakarta, Rabu (15/1).

Ketua Komisi VII DPR RI ini juga mengatakan, DPR berkomitmen mendukung target produksi migas 1 juta barel per hari yang dicanangkan Pemerintah. Untuk itu, setiap upaya percepatan realisasinya pun harus terus didorong.

Diceritakannya bahwa dalam pertemuan Komisi VII bersama Menteri Keuangan, dibahas berbagai permasalahan terkait produksi migas tanah air yang terus menurun. Di samping itu, anggaran Pemerintah pun terus mengalami defisit setiap tahunnya. Akan tetapi visi produksi migas 1 juta barel, menurutnya harus terus dikejar dan tidak boleh ditunda. Dengan demikian segala konsekuensi termasuk konsekuensi anggaran harus ditanggung.

"Kita semua berobsesi secara produksi 1 juta barel per hari sebagaimana tahun 1976 bisa sampai 1,3 atau 1,4 barel. Sehingga ada komitmen bersama, kita mau support habis-habisan," tambahnya.

Sugeng juga mengatakan bahwa dengan mempercepat upaya mencapai target 1 juta barel, ke depan Indonesia bisa lebih mandiri terkait migas. Hal itu sejalan dengan upaya pengurangan impor migas yang bisa menghemat devisa.

Ditambahkannya, bahwa perlu adanya perubahan mindset dimana migas tidak boleh dilihat sebagai komoditas semata. Menurutnya, migas merupakan sektor ekonomi yang penting untuk menjaga keberlangsungan negara serta mencapai tujuan Indonesia maju.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA/Adwit B Pramono

Pertamina: Pendaftar BBM Subsidi Sudah Mencapai 50 Ribu Kendaraan

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 05 Juli 2022, 07:51 WIB
Selain melalui website subsiditepat.mypertamina.id secara langsung, pendaftaran juga dapat diakses melalui aplikasi...
Antara

Mendag Klaim Harga Minyak Goreng Curah Sudah Rp14 Ribu per Liter

👤M. Ilham Ramadhan Avisena/Andhika prasetyo 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:39 WIB
Kendati demikian, pemerintah tetap menyalurkan minyak goreng curah murah kepada masyarakat di sejumlah wilayah...
Dok. Pribadi

Program Juragan Lele Sandiaga Uno Berhasil Dorong Warga Buka Usaha

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:08 WIB
“Lewat program Juragan Lele Budidaya ikan dalam ember (Budikdamber), salah satu warga Pesanggrahan berhasil menciptakan peluang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya