Selasa 24 Desember 2019, 18:06 WIB

Kemendag Gelar Pertemuan dengan WTO Bahas Kebijakan Perdagangan

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Kemendag Gelar Pertemuan dengan WTO Bahas Kebijakan Perdagangan

AFP/Fabrice Coffrini
Gedung pusat WTO di Swiss

 

KEMENTERIAN Perdagangan telah menggelar pertemuan dengan Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO) guna membahas capaian dan kinerja perdagangan Indonesia pada kurun 2014 hingga 2019.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (24/12), pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan Trade Policy Review Division (TPRD), Sergio Stamnas, Direktur Perundingan Multilateral Kemendag Dandy Satria Iswara, dan beberapa perwakilan kementerian lembaga dan BUMN.

Dalam pertemuan itu dikatakan, WTO akan mencermati aspek kebijakan dan program prioritas perdagangan internasional Indonesia dalam Trade Policy Review (TPR) ke-7 di WTO pada awal November 2020.

TPR merupakan mekanisme transparansi di WTO untuk meninjau perkembangan serta capaian kebijakan perdagangan anggota WTO di periode waktu yang telah ditentukan. Indonesia sendiri mendapatkan giliran untuk ditinjau tiap 7 tahun sekali.

Baca juga : Indonesia Akhirnya Seret UE ke WTO

"TPR bukanlah wadah untuk menghakimi dan menyengketakan kebijakan anggota WTO. TPR bertujuan menelaah kemajuan anggota WTO dari aspek kebijakan dan program prioritas yang mendukung perdagangan internasional dan pertumbuhan ekonomi nasional," kata Sergio.

Dandy mengungkapkan, pada prinsipnya TPR merupakan keterbukaan informasi dan penjelasan kebijakan tiap anggota WTO.

"Setiap anggota WTO diberikan kesempatan menyampaikan pandangan dan pertanyaan pada Indonesia. Untuk itu, ini kesempatan yang sangat baik untuk menyampaikan keberhasilan pemerintah Indonesia di bidang perdagangan kepada WTO," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Ist/Bank bjb

Bank bjb Meraih The Best Financial Performance Bank di Tempo Financial Award 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 07:41 WIB
Bank bjb dinobatkan sebagai pemenang Tempo Financial Award (TFA) 2021 "The Best Financial Performance Bank : Kategori BPD Aset...
DOK KEMENTAN

Pertanian Menjadi Penyelamat, Ekonomi Pulih, Bangsa Kuat

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 06:00 WIB
Untuk mengoptimalkan strategi yang dijalankan, Kementan berkomitmen memperkuat kemitraan, kerja sama dengan stakeholders...
Dok Minaqu Home Nature

Menteri Koperasi UKM Dukung Minaqu Jadi Lokomotif Pasar Global

👤Media Indonesia 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 20:50 WIB
Para petani, lanjut Teten, harus dikonsolidasi, jangan biarkan mereka hanya menggarap di lahan yang sempit. Lebih baik terkonsolidasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya