Senin 16 Desember 2019, 17:17 WIB

Pemerintah Bangun 2 Bendungan di Lampung untuk Sektor Pertanian

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Pemerintah Bangun 2 Bendungan di Lampung untuk Sektor Pertanian

Dok. kementerian PUPR
Pembangunan Bendungan Margatiga

 

KEMENTERIAN Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung Direktorat Jenderal Sumber Daya Air tengah menyelesaikan pembangunan dua bendungan di Lampung yakni Way Sekampung dan Margatiga.

Nantinya, kehadiran dua bendungan baru tersebut akan melengkapi sistem pengelolaan air, termasuk suplai irigasi untuk lahan pertanian, yang selama ini baru ditopang dari satu bendungan yakni Batutegi.

Bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik yang akan dimanfaatkan untuk menambah area irigasi seluas 15.000 hektare (ha).

Dengan tambahan itu, area irigasi yang akan terkena manfaat akan mencapai 70.000 ha.

Bendungan tersebut juga akan menjadi penyedia air baku bagi kawasan Bandar Lampung, Kota Metro dan Kabupaten Lampung Selatan dengan kapasitas sebesar 2.480 liter per detik.

Baca juga : Infrastruktur Untuk Kesejahteraan Rakyat

"Saat ini progres fisik bendungan yang terletak di Kabupaten Pringsewu itu sudah mencapai sebesar 77,5%," ujar Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono melalui keterangan resmi, Senin (16/12).

Way Sekampung dibangun dengan biaya Rp1,7 triliun. Adapun, pengerjaannya dibagi menjadi dua paket yakni oleh PT Pembangunan Perumahan dengan nilai kontrak Rp873 miliar dan PT Waskita Karya sebesar Rp829 miliar.

Satu bendungan lainnya yakni Margatiga, saat ini, progres pengerjaanya baru menyentuh 23,3%.

Bendungan dengan nilai investasi Rp813 miliar itu diproyeksikan mampu mengairi lahan irigasi seluas 10.950 ha dan sebagai sumber air baku berkapasitas 830 liter per detik.

"Pengelolaan sumber daya air dan irigasi harus terus dilanjutkan dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan," tandas Basuki. (OL-7)

Baca Juga

medcom.id

ASEAN Sepakat Pulihkan Ekonomi di Kawasan

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 03 Maret 2021, 11:14 WIB
ASEAN menyepakati lima dari 13 prioritas ekonomi salah satunya adopsi Non Tariff Measure Cost Effectiveness...
Antara

Sertifikat Elektronik Tetap Aman, Meski Ada Banjir atau Longsor

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 03 Maret 2021, 10:59 WIB
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menuturkan, sertifikat elektronik dapat meminimalkan kehilangan...
Antara

E-Commerce Bulog Raih Penghargaan Top Official Store Award 2021

👤 Despian Nurhidayat 🕔Rabu 03 Maret 2021, 10:53 WIB
E-commerce milik Perum Bulog, iPanganandotcom, meraih Top Official Store Award 2021 dari Tras NCo Indonesia, sebuah lembaga penilai brand...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya