Selasa 10 Desember 2019, 12:59 WIB

Bertemu Ahok dan Nicke, Jokowi Minta Pertamina Tekan Impor Migas

Tesa Oktiana Surbakti | Ekonomi
Bertemu Ahok dan Nicke, Jokowi Minta Pertamina Tekan Impor Migas

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama, beserta Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, di Istana Negara pada Senin (9/12) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi, sapaan akrabnya, menekankan urgensi pengendalian neraca minyak dan gas bumi (migas).

"Oh itu urusan migas, yang berkaitan dengan impor migas. Lalu urusan (penerapan) B20 dan B30. Saya ingin urusan yang berkaitan dengan defisit neraca berjalan, berikut (defisit) neraca perdagaangan, kita bisa turunkan," ujar Jokowi di sela-sela rapat koordinasi nasional Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), Selasa (10/12).

Menurut Jokowi, pengendalian impor migas dapat menurunkan defisit neraca perdagangan. Tentunya dengan meningkatkan lifting produksi migas nasional. Jokowi mengungkapkan Pertamina menyanggupi permintaannya.

Selain itu, pihaknya mendorong implementasi bahan bakar jenis biodisel 30% (B30) yang ditargetkan awal tahun depan. Program tersebut diyakini berkontribusi menekan neraca impor migas.

"Penggunaan B30 yang dimulai awal Januari harus dilaksanakan dan dikawal. Sehingga bisa menurunkan impor minyak," pungkasnya.

Kepala Negara turut menyinggung percepatan pembangunan kilang minyak di dalam negeri. Dia menyayangkan tidak adanya pembangunan kilang minyak dalam 3-4 tahun terakhir.

"Pembangunan kilang minyak itu harus. Saya kawal betul, akan saya ikuti perkrmbangannya. Persentasenya sudah sejauh mana," tutup Jokowi.(Tes/OL-09)

Baca Juga

Dok. TikTok

Kolaborasi dengan Smesco, TikTok Ajak Bangga Gunakan Produk UKM

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:30 WIB
Gernas BBI diharapkan dapat mendukung target pemerintah untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap PDB Negara yaitu sekitar 65% di tahun...
Dok. Pribadi

Ini Usulan Persatuan Insiyur Indonesia soal Ibu Kota Baru

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:15 WIB
IKN yang diibaratkan, memulai dari kertas putih maka berkesempatan menjadikan IKN sebagai standar baru ibukota dunia yang menjadi acuan...
Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Pangansari Pasok Katering Premium untuk Proyek Wika di Luar Negeri

👤Micom 🕔Sabtu 17 April 2021, 21:57 WIB
PT Pangansari Utama Food and Resources menandatangi nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan konstruksi PT Wijaya Karya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya