Selasa 10 Desember 2019, 12:59 WIB

Bertemu Ahok dan Nicke, Jokowi Minta Pertamina Tekan Impor Migas

Tesa Oktiana Surbakti | Ekonomi
Bertemu Ahok dan Nicke, Jokowi Minta Pertamina Tekan Impor Migas

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama, beserta Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, di Istana Negara pada Senin (9/12) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi, sapaan akrabnya, menekankan urgensi pengendalian neraca minyak dan gas bumi (migas).

"Oh itu urusan migas, yang berkaitan dengan impor migas. Lalu urusan (penerapan) B20 dan B30. Saya ingin urusan yang berkaitan dengan defisit neraca berjalan, berikut (defisit) neraca perdagaangan, kita bisa turunkan," ujar Jokowi di sela-sela rapat koordinasi nasional Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), Selasa (10/12).

Menurut Jokowi, pengendalian impor migas dapat menurunkan defisit neraca perdagangan. Tentunya dengan meningkatkan lifting produksi migas nasional. Jokowi mengungkapkan Pertamina menyanggupi permintaannya.

Selain itu, pihaknya mendorong implementasi bahan bakar jenis biodisel 30% (B30) yang ditargetkan awal tahun depan. Program tersebut diyakini berkontribusi menekan neraca impor migas.

"Penggunaan B30 yang dimulai awal Januari harus dilaksanakan dan dikawal. Sehingga bisa menurunkan impor minyak," pungkasnya.

Kepala Negara turut menyinggung percepatan pembangunan kilang minyak di dalam negeri. Dia menyayangkan tidak adanya pembangunan kilang minyak dalam 3-4 tahun terakhir.

"Pembangunan kilang minyak itu harus. Saya kawal betul, akan saya ikuti perkrmbangannya. Persentasenya sudah sejauh mana," tutup Jokowi.(Tes/OL-09)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

Setahun Pandemi, Airlangga Sebut Ekonomi RI dalam Tren Positif

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 03 Maret 2021, 00:10 WIB
Menurut Menko Perekonomian, Indonesia juga masih di jajaran empat negara besar anggota G20. Perbaikan ekonomi nasional juga ditunjukkan...
Antara/Dhemas Reviyanto

Optimisme Pasar Membaik, Sektor Consumer Goods Bisa Pulih

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 02 Maret 2021, 23:20 WIB
Perkembangan digitalisasi bisa menjadi booster bagi pasar saham, khususnya dalam hal distribusi. Seperti langkah perusahaan untuk IPO...
Antara/Asep Fathulrahman

Sebagian Besar BLT UMKM Digunakan untuk Modal Kerja

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 02 Maret 2021, 22:59 WIB
54 persen UMKM agrikultur yang menjadi responden mengungkapkan volume produksi turun di atas 30...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya