Kamis 31 Oktober 2019, 15:03 WIB

Realisasi Investasi Triwulan Ketiga Capai Rp601,3 Triliun

Andhika prasetyo | Ekonomi
Realisasi Investasi Triwulan Ketiga Capai Rp601,3 Triliun

MI/Susanto
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

 

BADAN Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sepanjang Januari-September 2019 mencapai Rp601,3 triliun. Jumlah tersebut sudah mencapai 76% dari target yang dibidik tahun ini, yakni Rp792 triliun.

Secara rinci, investasi dari dalam negeri tercatat sebesar Rp283,5 triliun, tumbuh 17,3% dari raihan di periode yang sama di tahun sebelumnya.

Adapun, penanaman modal asing (PMA) mencapai Rp317,8 triliun atau tumbuh 8,2%.

"Capaian investasi masih sesuai target. Saat ini sudah 76%. Masih ada 192 triliun untuk direalisasikan dalam tiga bulan terakhir. Kami optimis tercapai meski ekonomi global belum menggembiran," ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia di Kantornya, Jakarta, Kamis (31/10).

Baca juga: 88 Daerah Rentan Rawan Pangan Diatasi Serius

 

Dalam sisa tahun ini, Bahlil mengatakan akan mengejar target PMA yang baru terealisasi 65,7% dari angka yang dipatok Rp483,7 triliun di sepanjang 2019.

Adapun, realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) sudah cukup aman karena telah menyentuh 92% dari target Rp308,3 triliun.

Bahlil mengatakan pihaknya akan mendorong tiga kebijakan utama yakni mendorong kolaborasi pengusaha lokal dengan investor asing, mendorong pemerataan investasi ke luar Jawa dan pemberian kemudahan insentif berdasarkan kebutuhan investor.

BKPM juga telah menyusun strategi berupa promosi investasi yang disesuaikan antara sektor dan negara asal.

Seperti sektor hilirisasi Sumber Daya Alam (SDA) yang ditujukan ke negara-negara Asia Timur dan Timur Tengah, sektor industri berbasis ekspor dengan negara target Asia Timur, Eropa dan Amerika.

Untuk infrastruktur, BKPM mekemparkan asa ke negara-negara Eropa, Asia Timur, dan Timur Tengah. Sementara, Australia, Eropa, dan Amerika diharapkan mampu mengisi sektor pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Klasterisasi tersebut, ucap Bahlil telah ditetapkan berdasarkan pengalaman realisasi investasi yang telah berjalan selama ini. (OL-8)

Baca Juga

MI/Susanto

Kisah Perjuangan Para Juragan Jaman Now Mengembangkan Bisnis di Tengah Pandemi

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 22:45 WIB
Pasangan suami istri, Bunda Elis dan Babeh Roni pemilik camilan berbahan singkong bernama Yammy Babeh, selain menjalankan usaha juga...
Antara/Muhamamd Iqbal

Kendaraan Tanpa Awak bakal Jadi Transportasi Utama di IKN

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 21:30 WIB
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menuturkan, kendaraan otonom (autonomous vehicle) itu akan menjadi bagian...
Antara/Syifa Yulinnas

Keran Ekspor CPO Dibuka, Petani Harapkan Harga TBS yang Pantas

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:45 WIB
Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Manurung mengharapkan minggu depan ada kenaikan angka BTS di atas Rp1.000...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya