Selasa 17 September 2019, 10:12 WIB

Dana Pensiun Korsel-Indonesia Tingkatkan Kerja Sama

Haufan Hasyim Salengke | Ekonomi
Dana Pensiun Korsel-Indonesia Tingkatkan Kerja Sama

MI/Haufan Hasyim Salengke
Pertemuan wakil dari Government Employees Pension Service (GEPS), Korea Selatan dan PT Taspen.

 

LEMBAGA pelaksana program pensiun publik Korea Selatan atau Government Employees Pension Service (GEPS) memandang sistem layanan pensiun di Indonesia sudah lebih maju di antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

GEPS merupakan institusi yang menangani program pensiun dan jaminan sosial bagi aparatur sipil negara (ASN) di Korea Selatan

"Indonesia lebih baju di antara negara-negara di kawasan di lingkup ASEAN dalam hal sistem layanan pensiun dan jaminan sosial," ujar CEO GEPS, Nam Joon Chung, di Jakarta, Senin (16/9).

Karena itu, pihak mereka senang bisa terus menjalain kerja sama dengan PT Taspen. Ia  berharap hubungan antara Indonesia dan Korea terus meningkat hingga ke bidang sistem pensiun.

"Apa lagi Presiden Moon Jae-in sangat menekan kebijakan untuk semakin meningkatkan hubungan kerja sama dengan negara-negara ASEAN," imbuhnya.

Menurutnya, mayoritas pensiunan di Korsel lebih memilih untuk tinggal di daerah pedesaan dan umumnya mereka memiliki wirausaha. Karena itu pemerintah pun memberikan layanan yang memudahkan mereka.

Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro dan Nam Joon Chung melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MOU) dengan GEPS sebagai kelanjutan kerja sama yang sudah dimulai sejak 2016.

Ruang lingkup kerja sama meliputi bidang training dan benchmarking antara kedua insititusi. Selain itu, MoU juga mencakup kerjasama teknis untuk membangun sistem operasional serta kolaborasi project dalam pengembangan sistem pensiun yang lebih baik bagi aparatur sipil negara di kedua negara.

"Kami sangat merasakan manfaat dari kerja sama ini dan dapat belajar. Dan yang terpenting dari kerja sama ini kita punya perbandingan pelayanan pensiun yang baik," kata Iqbal.

Hal baru dalam pertemuan antara GEPS dengan Taspen kali ini yaitu saling bertukar informasi mengenai retirement support program yang oleh Taspen dikemas melalui program wirausaha ASN yang dikenal dengan Program Wirausaha Pintar. Pogram ini membantu para ASN untuk menyiapkan hari tua mereka melalui wirausaha. (OL-09)

Baca Juga

MI/Selamat Saragih

Insentif Bisnis Minta Ditingkatkan, Pengusaha Klaim Bermanfaat Bagi Pendidikan

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 23 Januari 2022, 11:20 WIB
DALAM upaya mendongkrak perekonomian pasca Pandemi Covid-19, pemerintah diharapkan perlu mengatur insentif yang dapat dirasakan manfaatnya...
dok angkasa pura

Tingkatkan Transparansi, Angkasa Pura II Gandeng Visi Integritas

👤RO/Micom 🕔Minggu 23 Januari 2022, 10:30 WIB
PT Angkasa Pura II meningkatkan transparansi, akuntabilitas, integritas, dan budaya...
MI/Wibowo Sangkala

Pengamat: Indonesia Butuh Enterpreneur Seperti Marimutu Sinivasan

👤Wibowo Sangkala 🕔Minggu 23 Januari 2022, 09:45 WIB
TERLEPAS dari polemik hutang Sinivasan kepada negara, sesungguhnya Sinivasan adalah sosok enterpreuner yang sangat dibutuhkan oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya