Rabu 21 Agustus 2019, 10:11 WIB

LPEI Berikan Kredit kepada Pembeli Jasa asal Afrika

Andhika Prasetyo | Ekonomi
LPEI Berikan Kredit kepada Pembeli Jasa asal Afrika

Dok. LPEI
Direktur Eksekutif LPEI Sinthya Roesly (kiri) berbincang dengan perwakilan dari Afrika

 

PEMERINTAH melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor memberikan fasilitas Buyer’s Credit sebesar US$356 juta kepada tiga negara Afrika. Kredit tersebut digunakan untuk membangun La Tour De Goree Tower di Senegal, rumah susun di Pantai Gading dan Bulk Liquid Terminal di Tanzania.

Direktur Eksekutif LPEI Sinthya Roesly menjelaskan skema pembiayaan itu diberikan kepada pihak-pihak asing yang membeli produk dan jasa Indonesia. Mereka sangat tertarik untuk bekerja sama dengan Indonesia namun memiliki sedikit masalah finansial.

"Ini adalah alat fiskal pemerintah untuk merealisasikan ekspor ke negara-negara baru. Diversifikasi jenis ekspor yang tidak hanya produk namun juga jasa. Inisiatif ini perlu dilakukan dalam rangka sosialisasi mengingat saat ini konsep ekspor jasa masih belum cukup familiar," ujar Sinthya di Bali, Rabu (21/8).

Baca juga:  Jokowi: Indonesia Siap Bantu Bangun Infrastruktur Afrika

Dalam pemberian kredit, LPEI juga bekerja sama dengan Development Bank of the Central African States/la Banque de Développement des Etats de l’Afrique Centrale (BDEAC) guna memastikan pembayaran berjalan dengan lancar.

Sinthya berharap upaya tersebut dapat meningkatkan minat negara-negara Afrika untuk meminang perusahaan-perusahaan Tanah Air dalam pembangunan infrastruktur di kawasan mereka. Dengan begitu, Indonesia juga akan mendapat manfaat berupa ekspor jasa konstruksi dan barang-barang untuk bahan baku pembangunan.

Sebelumnya, LPEI juga telah memberikan fasilitas pembiayaan untuk beberapa proyek di Afrika, seperti pembelian pesawat CN 235 milik PT Dirgantara Indonesia oleh Senegal, pembangunan Logemont di Aljazair dan pembangunan serta renovasi Istana Presiden Niger Zone 1 di Niger.(OL-5)
 

Baca Juga

Antara

Ekspor Minyak Goreng Dibuka, Presiden: Kita Tetap Awasi secara Ketat

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:12 WIB
Keputusan tersebut diambil setelah melihat adanya pasokan di dalam negeri yang terus...
Antara/Bayu Pratama S

Larangan Ekspor CPO Dicabut, Kebijakan Perombakan Persawitan Mendesak Direalisasikan

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:54 WIB
"Kami apresiasi, walau harga tandan buah segar (TBS) sawit para petani SPI di berbagai daerah sudah sempat sangat jatuh, belum lagi...
Dok. Pribadi

Inovasi Desain Interior Beri Kesan Mendalam Pada Suatu Bangunan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:40 WIB
Inovasi desain interior sebuah Rumah Sakit harus memperhatikan kepentingan nyawa seseorang, tidak bisa dibuat sembarangan terkait...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya