Minggu 04 Agustus 2019, 18:43 WIB

Listrik Padam di Jabodetabek, PLN Harus Benahi Sistem Pengawasan

Atalya Puspa | Ekonomi
Listrik Padam di Jabodetabek, PLN Harus Benahi Sistem Pengawasan

MI/Sumaryonto Bronto
Penumpang MRT menunggu kereta saat llistrik padam di Jakarta

 

Pemadaman listrik dalam waktu lama dan meluas terjadi di sebagian besar wilayah Pulau Jawa bagian barat pada Minggu (4/8).

Berkaitan dengan itu, Pengamat Ekonomi Energi dari Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi mengungkapkan Perusahaan Listrik Negara (PLN) harus memberlakukan sistem pengawasan dengan baik, terutama di kota-kota besar.

"Perlu ada pencegahan, artinya dia harus melakukan pengawasan pada seluruh distrisbusi maupun transimisinya di seluruh wilayah Indonesia. Terutama di daerah-daerah penting seperti Jakarta, Jawa Barat dan Banten supaya tidak terjadi kembali seperti ini," kata Fahmy kepada Media Indonesia, Minggu (4/8).

Di sisi lain, Fahmy menilai perlu adanya perbaikan dalam struktur organisasi PLN. Pasalnya, penetapan pelaksana tugas (plt) pada jabatan direktur utama PLN dinilainya dapat memengaruhi kinerja PLN secara tidak langsung.

"Memang tidak ada hubungan secara langsung dalam penetapan Dirut Baru, tetapi penetapan Plt Dirut secara bergantian sangat menggangu jalannya organisasi PLN. Menteri BUMN harus segera menetapkan Dirut PLN definitif dalam waktu dekat ini," tuturnya.

Baca juga : PLN Berhasil Recovery Secara Bertahap Pemadaman listrik

Fahmy menilai, pemadaman listrik yang terjadi, khususnya di kota besar seperti Jakarta dapat merugikan aktivitas perindustrian, terutama industri kecil yang tidak memiliki alternatif pembangkit listrik lain untuk menjalankan usahanya.

Pemadaman secara meluas dalam waktu lama hampir tidak pernah terjadi sebelumnya. Pasalnya, PLN sudah menerapkan digital monitoring system yang canggih, sehingga begitu ada gejala blackout dapat segera diketehui dan diatasi dalam waktu singkat

Namun, kerusakan transmisi yang terjadi di beberapa tempat bersamaan merupakan accident (kecelakaan) yang uncontrollable by manajemen. Hal itu menyebabkan PLN membutuhkan waktu untuk memperbaiki.

"Kalau sebelum PLN sudah dapat mencapai tingkat pemadaman mencapai hampir nol persen, kejadian ini kembali memperburuk capaian kinerja PLN," ucap Fahmy.

Sebelumnya,  sekitar pukul 11.45 WIB, pemadaman listrik terjadi di wilayah Jabodetabek, dan sejumlah wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Perusahaan Listrik Negara mengungkapkan adanya gangguan yang terjadi pada sisi transmisi ungaran dan pemalang 500 kV, yang mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan dan diikuti trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa.

Selain itum listrik padam juga akibat terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah Area Jawa Barat. (OL-7)

Baca Juga

Antara

RI-Swiss Teken Perjanjian Perlindungan Penanaman Modal 

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:39 WIB
Adapun perjanjian dibuat dalam rangka kerja sama ekonomi, khususnya investasi kedua negara, dengan memberikan perlindungan hukum dan...
Ist

Unit Usaha dan Mitra APP Sinar Mas Raih Penghargaan SMK3 dari Kemenaker

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:38 WIB
Penghargaan tersebut adalah Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dari Kementerian Ketenagakerjaan  untuk kategori...
Dok.Setwapres

Koreksi dari Jubir, Tidak Benar Wapres Minta Menunda Rencana Merger BTN Syariah

👤Emir Chaerullah 🕔Rabu 25 Mei 2022, 13:25 WIB
Informasi tersebut, setelah ditelisik, bersumber dari rilis yang diproduksi Humas DPP...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya