Senin 29 Juli 2019, 19:46 WIB

Softbank akan Investasi USD2 Miliar di Indonesia

Nur Aivanni | Ekonomi
Softbank akan Investasi USD2 Miliar di Indonesia

Antara/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) menerima petinggi Grab, Tokopedia dan Softbank

 

SOFTbank akan berinvestasi di Indonesia sebesar USD 2 miliar. Demikian disampaikan CEO Softbank Masayoshi Son usai bertemu Presiden Joko Widodo, Senin (29/7).

"Kami telah menginvestasikan USD 2 miliar di Indonesia. Kami akan menginvestasikan USD2 miliar lagi untuk investasi baru dan teman saya, Menteri Luhut, meminta saya untuk menambah lebih banyak. Jadi, saya ingin berinvestasi lebih banyak lagi," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Masayoshi menjelaskan, investasi tersebut bakal disuntikkan melalui Grab Indonesia. "Kami akan membangun kantor pusat kedua Grab di Indonesia dan menjadikannya unicorn kelima, dan juga menginvestasikan USD2 miliar melalui Grab," katanya.

Baca juga: Grab Bakal Buka Markas di Jakarta

Tak hanya itu, kata dia, pihaknya juga akan berinvestasi ke perusahaan-perusahaan lainnya, seperti Tokopedia. "Tokopedia juga sangat penting. Kami akan meningkatkan investasi kami ke Tokopedia dan membantunya tumbuh," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa Softbank berminat untuk mengucurkan investasi dalam mengembangkan kendaraan listrik dan sarana pendukungnya di Indonesia.

"Jadi ekosistem yang dibangun. Mulai dari pembangunan baterai lithiumnya, sepeda motornya, electric vehicle-nya sampai ke station charging-nya," terangnya. Ia pun memperkirakan pengembangan ekosistem tersebut dapat diselesaikan dalam waktu tiga tahun.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong.

Sementara itu, hadir dari pihak Softbank, Grab dan Tokopedia, antara lain CEO Softbank Masayoshi Son, Co-Founder Grab Anthony Tan, Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya.

Terkait rencana investasi Softbank di Grab, Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan bahwa dana investasi sebesar USD2 miliar itu akan digunakan untuk mengembangkan artificial intelligence (AI) di Indonesia, antara lain pengembangan layanan makanan, kesehatan, dan edukasi.

Selain itu, kata Ridzki, juga dibicarakan mengenai rencana pembangunan kantor pusat kedua Grab di Indonesia. "Kita senang hari ini komitmen dari Softbank untuk menambah investasi dari Grab sebesar USD 2 miliar. Ini sangat penting. Kedua, membuka second headquarter di Jakarta," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Sandiaga Gandeng Biro Perjalanan Mancanegara untuk Ramaikan Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Oktober 2021, 23:55 WIB
Bali masih sepi dari kunjungan wisatawan mancanegara sejak dibuka pertama kali selama pandemi pada 14...
MI/Andri Widiyanto

Sandiaga Sebut Aturan PCR Memberatkan Sektor Pariwisata

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Oktober 2021, 22:52 WIB
"Kami lagi coba tingkatkan wisata Bali yang tembus 10-11 ribu orang yang berkunjung. Tapi, sekarang ada penurunan 20-30%,"...
AFP

Kadin Dorong Perbanyak Vaksinasi Ketimbang Aturan PCR

👤Ant 🕔Senin 25 Oktober 2021, 22:39 WIB
Di sisi lain pelaku ekonomi diminta bangkit namun, sisi lainnya harus menghadapi regulasi yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya