Kamis 20 Juni 2019, 23:00 WIB

Pekan Depan, Harga Tiket Pesawat Turun Signifikan

Nur Aivanni Fatimah | Ekonomi
Pekan Depan, Harga Tiket Pesawat Turun Signifikan

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Sejumlah penumpang pesawat melakukan lapor diri di konter chek in Terminal 1 B Bandara Soekarno Hatta, Tangerang

 

PEMERINTAH kemarin memutuskan untuk menurunkan harga tiket penerbangan low cost carrier (LCC) domestik. Bersama sejumlah pemangku kepentingan yang terkait dengan industri penerbangan, pemerintah ­menetapkan tiga kebijakan atas keputusan tarif tiket pesawat berbiaya murah tersebut.

“Tiga kebijakan tersebut, pertama, penurunan harga tiket penerbangan low cost carrier domestik untuk jadwal penerbangan tertentu,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, seusai memimpin rapat koordinasi di Jakarta, kemarin.

Turut hadir dalam rapat tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Staf Khusus Menteri BUMN Sahala Lumban Gaol, Direktur Utama PT Lion Air Group Rudy Limengkewas, Direktur ­Utama PT Angkasa Pura I (persero) Faik Fahmi, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (persero) Muhammad Awaluddin.

Dalam penjelasannya, Darmin menerangkan tidak seluruh penerbangan LCC mengalami penurunan harga tiket. Penurunan harga tiket penerbangan LCC domestik hanya akan dilakukan untuk jadwal penerbangan ­tertentu saja.

“Berapa turunnya? Tunggu saja. Berapa lama? Seminggu dari sekarang akan disampaikan oleh tiap maskapai penerbangan. Penerbangan jam berapa? Nanti akan diumumkan oleh tiap maskapai untuk LCC domestik,” tutur Darmin.

Kebijakan kedua yang diambil dalam pertemuan itu ialah semua pihak berkomitmen untuk bersama-sama menurunkan biaya operasi penerbangan. Pihak yang dimaksud, yaitu maskapai, pengelola bandara, Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, dan Pertamina.

Komitmen itu diambil untuk tetap menja
ga keberlangsungan industri angkutan udara. Kepada wartawan, Darmin mengatakan pengambilan kebijakan tersebut diambil untuk menjawab keluhan masyarakat atas mahalnya harga tiket pesawat dalam beberapa bulan terakhir. “Sekaligus untuk menjaga keberlangsungan industri angkutan udara.”

Kebijakan ketiga, pemerintah segera memfinalisasi kebijakan pemberian insentif fiskal untuk membantu efisiensi biaya di maskapai. Hal itu menyangkut jasa persewaan, perawatan dan perbaikan pesawat udara, jasa persewaan pesawat udara dari luar daerah pabean, serta impor dan penyerahan atas pesawat udara dan suku cadangnya.

Mulai berhitung
Di kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan penurunan tarif tiket penerbangan LCC domestik akan efektif dalam satu pekan mendatang.

“Saya apresiasi para stakeholder untuk merespons harapan masyarakat. Kebijakan ini akan efektif dalam satu minggu,” kata Budi.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso pun menyampaikan maskapai akan segera menghitung besaran penurunan harga tiket penerbangan LCC domestik, termasuk jadwal penerbangan yang mengalami penurunan harga.

“Maskapai yang akan menghitung semuanya, nanti mereka akan mengajukannya di rapat minggu depan,” kata Susiwijono.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (persero) Faik Fahmi menyambut baik langkah ­pemerintah tersebut.

“Prinsipnya, kami dukung apa yang diputuskan pemerintah. Jadi, tadi sudah disampaikan untuk rute-rute tertentu LCC. Jadi, nanti kita tunggu dari maskapai, di rute mana saja mereka akan turunkan harganya. Nanti kita akan menyesuaikan,” tuturnya. (E-2)

Baca Juga

Ist

Digital Marketing Bantu Pelaku Usaha Tumbuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 15:14 WIB
Wadah ini juga bisa melakukan kerja sama strategis dengan berbagai pihak yang dapat membantu meningkatkan penjualan melalui berbagai macam...
Antara

Risiko Global Meningkat, APBN Diarahkan Jaga Daya Beli Masyarakat

👤 Despian Nurhidayat 🕔Minggu 03 Juli 2022, 15:10 WIB
Pemerintah melalui instrumen APBN, berhasil meredam tingginya tekanan inflasi global, sehingga daya beli masyarakat terjaga dan pemulihan...
Antara

Lewat Diversifikasi Produk Perikanan, KKP Harap AKI Meningkat

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:39 WIB
KKP memiliki target Angka Konsumsi Ikan (AKI) pada 2024 mencapai 62 kg per kapita per tahun. Pada 2021, AKI nasional tercatat 55,37 kg...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya