Selasa 12 Maret 2019, 19:53 WIB

Indonesia Bisa Masuk 5 Besar Negara dengan Pemasukan Tertinggi

Atalya Puspa | Ekonomi
Indonesia Bisa Masuk 5 Besar Negara dengan Pemasukan Tertinggi

. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama.

 

MENTERI Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani menyatakan pada 2045, Indonesia masuk dalam lima besar negara di dunia dengan pemasukan paling tinggi.

"Size dari ekonomi kita mungkin sudah menembus 5 besar dunia. Kita sudah di G-20 dan ada di posisi 15. Kita sudah masuk income per kapita yang Insya Allah sudah termasuk tinggi," kata Sri di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Selasa (12/3).

Pada 2045, dirinya memprediksi penduduk Indonesia sudah mencapai 319 juta orang dan sebanyak 73% tinggal di perkotaan dengan usia produktif sebanyak 47% dari populasi.

Baca juga: Ekonomi Indonesia Berpotensi Unggul jika Kedepankan Infrastruktur

Hal tersebut dapat dicapai saat Indonesia memenuhi sejumlah persyaratan, yakni infrastruktur berkualitas baik, kualitas sumber daya manusia baik, serta birokrasi yang efisien, bersih dan kompeten.

"Indonesia punya kans untuk menjadi negara maju dan itu diakui. Dari sisi track record beberapa dekade, mampu menjaga pertumbuhan ekonomi cukup tinggi dan konsisten. Indonesia juga punya track record dalam membuat policy yang memiliki teknokrasi yang cukup tinggi," tutur perempuan yang kerap disapa Ani.

Untuk itu, demi mencapai pertumbuhan ekonomi lebih baik, Ani menilai perlu adanya kemampuan menjaga pertumbuhan dengan makro ekonomi framework yang andal dan diperkuat dengan reformasi struktural.(OL-5)

Baca Juga

FOTO/Metro TV

Kebersamaan Kunci Keberhasilan Penanganan Pandemi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 10:38 WIB
Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian Susiwijono mengatakan kebersamaan merupakan kunci keberhasilan dalam penanganan pandemi...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Nilai Tukar Rupiah Berpeluang Naik Dibayangi Varian Omicron

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 10:34 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa (30/11), berpeluang menguat dibayangi...
Ist/Kementan

Pertama di Serbia, ODICOFF Upaya Peningkatan Perdagangan Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 09:17 WIB
Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto menyatakan bahwa ODICOFF Serbia merupakan salah satu upaya peningkatan potensi ekspor komoditas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya