Senin 11 Februari 2019, 10:30 WIB

Pertamina Hulu Temukan Cadangan Minyak di Sumur Benewangi

Antara | Ekonomi
Pertamina Hulu Temukan Cadangan Minyak di Sumur Benewangi

ANTARA

 

BADAN Operasi Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako - Pertamina Hulu berhasil menemukan cadangan minyak yang berasal dari Sumur Benewangi yang mulai ditajak tanggal 22 Desember 2018 lalu.

Dengan penemuan cadangan minyak bumi ini, berarti BOB PT Bumi Siak Pusako (BSP) - Pertamina Hulu dapat meningkatkan hasil produksinya.

Direktur Eksplorasi Pertamina Hulu Energi, Abdul Mutalib Masdar, dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin (11/2), beserta General Manager BOB PT BSP-Pertamina Hulu, Riry Wurestya Hady, meninjau langsung ke lokasi Sumur Benewangi di Desa Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak.

Abdul Muthalib Masdar mengapresiasi kinerja BOB PT BSP-Pertamina Hulu atas keberhasilannya dalam menemukan cadangan minyak ini, dan berharap penyiapan segera strategi berikutnya berupa "post drill analysis" untuk memastikan jumlah cadangan yang sudah ditemukan dan kemudian melakukan produksi untuk dikomersialkan.

"Jadi kalau kita melihat kondisi 'existing', kita dapat segera melakukan komersialisasi atau POP (Put On Production) dan harus segera dilakukan evaluasi agar dapat melakukan lagi pengeboran sumur lainnya di sekitar Sumur Benewangi ini," ujar Abdul Muthalib Masdar.

 

Baca juga: Rupiah Menguat, Pertamina Turunkan Harga BBM

 

Sementara itu, GM BOB PT BSP-Pertamina Hulu, Riry Wurestya Hady juga memberikan apresiasi atas temuan tersebut.

"'Alhamdulillah', atas semua rahmat yang telah Allah berikan sehingga operasi pemboran sumur eksplorasi Benewangi dapat berjalan sesuai dengan rencana, aman, meskipun dalam pelaksanaan kami menemukan beberapa kendala, namun berakhir baik dengan berhasil dengan penemuan," kata Riry.

Dari hasil test yang sudah dilakukan, didapatkan minyak yang berasal dari Sumur Benewangi #J-01 dengan total kedalaman 2800 ft MD ini mengalir ke permukaan secara alamiah (natural flowing) dari 2 prospek lapisan, sementara BOB PT BSP-Pertamina Hulu masih mengevaluasi lanjut untuk menghitung besaran cadangan dan produksi yang akan dihasilkan.

"Dengan keberhasilan pemboran ini, 'Insya Allah' akan menambah produksi minyak kami saat ini. Terima kasih kepada 'stakeholders' yang telah mempercayai kami dan semua pihak yang telah mendukung pemboran ini," kata Riry. (OL-3)

Baca Juga

Ist

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, PStore Komit Penuhi Kepuasan Konsumen

👤Widhoroso 🕔Senin 06 Desember 2021, 00:30 WIB
KENYAMANAN konsumen menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi setiap perusahaan untuk bisa tetap bertahan dalam...
DOK Pribadi.

Merek Lokal Queensland Luncurkan Koleksi Terbaru

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:09 WIB
Koleksi tersebut dapat ditemukan dan dibeli di toko offline yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan tersedia pada online store yang...
Dok. Nippon Paint

Ekspansi Bisnis ke sektor Konstruksi, Nippon Paint Akuisisi Selleys dan Vital Technical

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 05 Desember 2021, 22:10 WIB
akuisisi itu didasari potensi pasar retail SAFL dapat mencapai Rp6 Triliun per tahun berdasarkan penelitian pasar yang dilakukan secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya