Rabu 30 Januari 2019, 20:27 WIB

TOD Jadi Solusi Atasi Kemacetan

Antara | Ekonomi
TOD Jadi Solusi Atasi Kemacetan

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/

 

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan penerapan konsep pengembangan berbasis transit atau "Transit Oriented Development" (TOD) dengan mengintegrasikan moda transportasi, termasuk upaya menangani kemacetan.

"Kementerian PUPR mendukung penanganan kemacetan Jabodetabek melalui sejumlah kebijakan, mulai dari sistem transportasi terpadu, pembangunan Rusunami (rumah susun sederhana milik) dengan konsep TOD, pembangunan jalan tol dan nontol," kata Menteri Basuki dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, konsep hunian TOD ke depannya diharapkan mampu meningkatkan pasokan rumah khususnya di perkotaan dengan harga yang relatif terjangkau dan dekat dengan moda transportasi publik.

Menteri Basuki juga mengemukakan bahwa di samping untuk tujuan mengurai kemacetan serta mengurangi kekumuhan, pembangunan hunian TOD juga bisa dilakukan tidak hanya di stasiun.

Baca juga : Demi Holding Perumahan, PT PP Hilangkan Label Persero

Namun, lanjutya, pembangunan pemukiman konsep TOD juga dapat dilakukan di kawasan lainnya yang terintegrasi dengan moda transportasi.

Kementerian PUPR bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah memulai pembangunan proyek Rusunami TOD sejak April 2017 di Tanjung Barat dan Depok yang diperuntukan bagi MBR dan Non MBR.

Proyek TOD lainnya juga telah diluncurkan yaitu di TOD Juanda, Tanah Abang, Rawa Buntu, Jurang Mangu dan Cisauk.

Terkait dengan TOD, sebelumnya Perum Perumnas mengungkapkan akan melanjutkan pembangunan proyek-proyek hunian berkonsep kawasan berorientasi transit atau TOD pada tahun ini.

"Melanjutkan TOD-TOD itu, kita baru mulai konstruksi, kita teruskan dan selesaikan," ujar Direktur Utama Perum Perumnas Bambang Triwibowo kepada media di Jakarta, Kamis (3/1).

Ia menjelaskan pihaknya tengah menangani tiga proyek TOD yakni TOD di Rawa Buntu, Tangerang Selatan, TOD di Pondok Cina, Depok dan TOD di Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Menurut dia, Perumnas saat ini kesulitan untuk mencari tanah di kawasan perkotaan, sehingga solusinya yang paling memungkinkan yakni bekerja sama dengan BUMN.

"Terutama misinya bagaimana menyediakan perumahan bagi masyarakat kecil," kata Bambang usai menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat struktural Kementerian BUMN. (Ant/OL-8)

Baca Juga

AFP/Remy Gabalda

Emirates Memulai Kembali Penerbangan ke Bali

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 09:00 WIB
Penerbangan harian ini artinya memastikan layanan penerbangan akan berjalan non-stop dan mempermudah masyarakat di Dubai untuk menuju...
Antara

PLN Kebut Proyek Kelistrikan di Kawasan Industri Kalsel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:39 WIB
Salah satunya, pengembangan Sebuku Indonesia Industrial Park (SIIP) di Pulau Sebuku, Kabupaten...
Ist

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Jadi Kunci Kebangkitan Ekonomi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:32 WIB
Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus berkembang, dan inovasi serta kolaborasi para entrepreuner jadi kunci kebangkitan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya