Minggu 01 April 2018, 20:55 WIB

Pembentukan Holding Bank Perkuat Industri Perbankan

 Cahya Mulyana | Ekonomi
Pembentukan Holding Bank Perkuat Industri Perbankan

MI/Rommy Pujianto

 

PEMERINTAH diminta mematangkan perencanaan sebagai tahapan utama holding perbankan. Pasalnya ketika penggabungan bank plat merah kuat maka akan memperkuat industri perbankan.

"Baiknya blue print holding perbankan dibuat lebih matang, termasuk di dalamnya diuraikan secara rinci apa saja target, batasan, strategi dan termasuk penentuan induknya. Ketika holding ini terbentuk dan kuat maka akan memberikan dampak sangat positif bagi dunia perbankan nasional," terang Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual kepada Media Indonesia, Minggu (1/4).

Ia menjelaskan dunia perbankan membutuhkan modal besar, maka penggabungan bank sangat baik. Pada 1988 jumlah bank sangat banyak baik milik pemerintah maupun swasta, tapi terus mengerucut dalam rangka meningkatkan modal.

Menurut dia, rencana penggabungan bank milik pemerintah sudah lama terdengar namun sampai saat ini belum terealisasi. Padahal penggabungan bank sangat banyak dampak positif yang akan timbul. Selain memperkuat industri perbankan, bank-bank yang tergabung dalam holding dapat terkonsolidasi dengan baik.

"Holding ini sangat positif, karena bank-bank itu nantinya dapat bersinergi untuk operasional, keuangan dan mempermudah mendapatkan pendanaan. Kemudian nantinya lewat operasional bisa sinergi IT berikut dapat lebih bersinergi dalam menjalankan strategi korporasi," paparnya.

Bank-bank milik pemerintah memiliki pasar yang beragam antara satu dengan yang lain. Hal itu menjadi potensi yang dapat dikembangkan lebih baik lagi melalui sinergi strategi korporasi. 

David menambahkan, induk bank pemerintah tidak harus yang memiliki modal besar karena yang lebih penting adalah kemampuan mencapai seluruh target holding

"Induknya bisa bank apa saja, dan tidak harus yang memiliki modal besar, seperti wacana saat ini Dana Rekysa. Karena modal itu akan lebih besar terkumpul setelah proses konsolidasi," pungkasnya. (OL-2)

Baca Juga

Dok. Kementan

Jelang Idul Adha, Kementan Siapkan Kebutuhan Pangan di Wilayah DKI Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:59 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan, dukungan tersebut merupakan kerja nyata pemerintah dalam menjaga...
Dok. Pribadi

Legislator Minta Pengusaha CPO Utamakan Kebutuhan Minyak Goreng Dalam Negeri

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:52 WIB
"Di Indonesia saya melihat peran dari para pengusaha produsen CPO untuk lebih serius bagaimana pemenuhan kebutuhan minyak goreng dalam...
Dok. Wahyoo

Wahyoo dan Livin’ by Mandiri Kembali Gelar Sayembarasa untuk Pelaku UMKM Kuliner

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:12 WIB
Pendaftaran telah dibuka sejak 17 Juni hingga 3 Juli 2022. Wahyoo kemudian akan memilih 15 peserta untuk lanjut ke tahap Pitch Day &...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya