Sabtu 31 Maret 2018, 21:58 WIB

Menjaga Keamanan Data di Perusahaan Jasa

Micom | Ekonomi
 Menjaga Keamanan Data di Perusahaan Jasa

THINKSTOCK

 

INFORMASI dapat berbentuk apa saja. Dalam bentuk fisiknya, informasi dapat dituangkan dalam bentuk dokumen, foto, data diri, akte, benda seni bernilai tinggi, atau tulisan bersejarah.

Sedangkan pada era digitalisasi informasi seperti sekarang ini, informasi pun dapat berbentuk data digital.

Jasa pengelolaan dan penyimpanan informasi bukanlah hal baru di Indonesia. Terdapat kebutuhan berskala nasional untuk menyimpan dan mengelola informasi secara aman dan cermat bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Hanya saja butuh modal besar untuk mendirikan pusat data atau penyimpanan informasi. Itu sebabnya keberadaan jasa layanan pengelolaan dan penyimpanan data serta informasi sangat dibutuhkan.

Menurut William Meaney selaku President & CEO Iron Mountain, negara Indonesia sebagai salah satu pusat perekonomian di kawasan Asia Tenggara dengan peta geografis yang terdiri dar ribuan kepulauan merupakan pasar tepat bagi jasa yang ditawarkan oleh Iron Mountain.

"Kami melihat Indonesia merupakan pasar tepat bagi perusahaan jasa logistik seperti Iron Mountain. Dengan fokus kepada diversifikasi jasa pengelolaan data, akan menjadikan Iron Mountain sebagai pemimpin terkemuka berskala nasional dalam industri pengelolaan data dan informasi di Indonesia," kata President & CEO Iron Mountain William Meaney keterangannya di Jakarta, kemarin.

Peran penting perusahaan penyedia jasa layanan seperti ini adalah menjadi rekan utama dalam membantu perusahaan mengelola data konvensional dan digital secara terpadu, aman, dan berkelanjutan. Sehingga perusahaan dapat memusatkan perhatian ke hal lain.

Ernest W Cloutier, Executive Vice President & General Manager International Market menambahkan, visi dan misi pihaknya adalah menjadi rekan tepercaya para perusahaan dalam menyimpan dan mengelola informasi dan aset perusahaan dengan cermat, efisien, efektif, serta aman."

"Bekerja sama dengan klien untuk mengelola kerumitan dan risiko masa kini dengan terus memahami, melindungi, dan mengelola aspek terpenting bagi klien dan industri di Indonesia," tuturnya.

Pada dasarnya, informasi merupakan sebuah data berbentuk apa pun yang dapat menambah pengetahuan penerima. Siklus hidup informasi terdiri dari 4 tahapan, yaitu creation, active, archive dan disposal.

Wee Tee Hsien, General Manager Iron Mountain Indonesia menambahkan, skema jasa layanan pihaknya memberikan beberapa manfaat fundamental, seperti penurunan biaya pengeluaran. 

"Sehingga membantu menghijaukan P&L operasional perusahaan, menurunkan risiko melalui program dengan terapan mantap dalam pengelolaan penemuan. Lalu, memberikan nilai lebih di mana kami membantu mendukung dan menjaga siklus hidup informasi dan aset," tegasnya. (RO/OL-2)
 

Baca Juga

Dok.Pribadi

Program Juragan Lele Sandiaga Sukses Hasilkan Panen Ratusan Kilo Ikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 15:33 WIB
Panen kali ini merupakan kegiatan lanjutan dari program Juragan Lele Lalap yang dijalankan oleh Rumah SandiUno Indonesia (RSI) bersama...
Dok. JULO

Literasi Finansial Digital, JULO Gelar Kampanye Siap Melesat dan Gelar Charity Run Bantu UMKM

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 15:21 WIB
Mikhal menegaskan pentingnya memanfaatkan akses kredit secara tepat untuk peningkatan kualitas...
AFP/Yasin Akgul.

Inflasi Turki Sentuh Level Tertinggi dalam Dua Dekade

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 15:00 WIB
Data menunjukkan bahwa inflasi utama didorong oleh lonjakan 123,4% dalam biaya transportasi dan peningkatan 94% pada minuman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya