Rabu 05 Mei 2021, 07:10 WIB

Ini Kata Youtuber Asal Mesir saat Menjalani Puasa di Indonesia

Galih Agus Saputra | Weekend
Ini Kata Youtuber Asal Mesir saat Menjalani Puasa di Indonesia

Dok. Youtube Fouly
Mohamed El Fouly, Youtuber asal Mesir

Puasa di Indonesia, menurut Mohamed El Fouly, sangat berbeda dengan di Mesir. Sebagai orang Arab-Mesir yang tinggal di Indonesia, ia mengaku terkejut dengan perbedaan kultur antara dua negara tersebut. Mahasiswa yang belakangan juga dikenal sebagai kreator konten itu membagikan pengalamannya lewat akun Youtube Fouly, beberapa waktu lalu.

Lewat akun itu, Fouly mengatakan perbedaan puasa di Mesir dan Indonesia terlihat mulai dari cara buka puasa, sahur, hingga tradisi bulan Ramadan itu sendiri. Pengalaman unik pertama yang ia jumpai setiba di Indonesia, salah satunya berhubungan dengan takjil.

Menurut Fouly, kata takjil dalam Bahasa Indonesia dimengerti sebagai hidangan yang disajikan sebelum buka puasa. Sedangkan di Arab, takjil adalah kosa kata yang artinya mempercepat.

"Sore hari, sambil rebahan di kamar, menahan haus dan lapar sambil menunggu adzan, terus saya tiba-tiba di WA teman. Fouly nyari takjil dimana? Fouly benar-benar heran apa itu takjil. Dicari dimana? Dicari bagaimana?" katanya, dalam video berdurasi sembilan menit tersebut.

Akan tetapi, Fouly kemudian mengaku tahu bagaimana makna takjil di Tanah Air. Hal demikian, sebenarnya juga ia temukan di Mesir, dimana orang-orang orang-orang di jalan biasanya akan membagikan kurma dan susu kurma jelang buka puasa.

Tak hanya itu, Fouly juga mengaku kagum dengan citarasa takjil di Indonesia. Beberapa takjil favoritnya ialaj seperti sup buah, es campur, es pisang hijau, hingga es dawet.

Di kesempatan lain, Fouly juga sempat merasa kaget ketika mengikuti buka bersama dengan teman-teman mahasiswa Indonesia di restoran. Sembari menunggu hidangan disiapkan, kala itu ia mengajak mereka salat Maghrib agar mendapat pahala berjamaah. Akan tetapi salah satu teman perempuan mengatakan tidak dapat ikut salat karena sedang datang bulan.

"Wajahku merah karena malu sekali waktu itu. Soalnya di negara Arab, hal itu salah satu yang disembunyikan oleh perempuan dan tidak boleh sama sekali bilang seperti itu. Bahkan kalau ada perempuan lagi datang bulan, mereka pura-pura tetap puasa agar tidak diketahui orang lain kalau dia tidak puasa," katanya.

Menurut Fouly, warga Indonesia adalah orang-orang yang mendapat kenikmatan tersendiri dari sang Pencipta dalam menjalankan ibadah puasa. Warga Indonesia menjalani puasa hanya selama 12 hingga 13 jam, sementara ia sendiri menjalani puasa hingga 18 jam ketika di Mesir.

Belum lagi, lanjutnya, Mesir selama ini mengenal empat musim yakni panas, dingin, semi, dan gugur. Pada 2017, ia mengaku mengalami masa puasa yang cukup berat karena bulan Ramadan tidak hanya bertepatan dengan musim panas tapi juga ujian nasional ketika SMA.

Bagi Fouly, ujian nasional di Mesir sangatlah penting dan menuntutnya untuk tetap fokus agar mendapat nilai yang tinggi. Siswa SMA di Mesir yang gagal mendapat nilai tinggi ketika ujian, katanya, tidak akan punya pilihan bahkan tidak punya kesempatan untuk melajutkan kuliah.

"Musim panas itu panasnya masyaAllah. Puasa selama 18 jam sehari, ujiannya selama satu bulan, setiap dua hari keluar rumah sambil puasa dan ujian. Walahi, itu tahun tersusah dalam hidupku. Fouly sangat bersyukur bisa puasa di Indonesia karena hanya 12 atau 13 jam, dan tidak sepanas di Timur Tengah. Enak banget," kata Youtuber, yang kini sudah mendapat lebih dari 137 ribu pengikut tersebut. (M-4)

Baca Juga

storypoint.com

Lima Aplikasi Digital Ramah Orang Tua, Coba Yuk!

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 12 Mei 2021, 21:49 WIB
Pemerintah kembali memberlakukan larangan mudik untuk Hari Raya Idul Fitri tahun ini, bertemu dengan orang tua dan keluarga harus dibantu...
healthline.com

Ketahui Cara Membatasi Makanan Bersantan agar Tetap Aman

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 12 Mei 2021, 17:09 WIB
Santan yang masuk ke dalam golongan lemak jenuh yang perlu dibatasi, yakni kurang dari 7 persen total kalori harian atau sekitar 15 gram...
YouTube BRITs

Billie Eilish Pertahankan Gelar di BRIT Awards

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 12 Mei 2021, 11:33 WIB
Tahun lalu, Eilish meraih penghargaan BRIT di kategori...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya