Sabtu 15 Januari 2022, 14:29 WIB

Kehebohan Ghozali dengan NFT yang Harganya Capai Miliaran Rupiah

mediaindonesia.com | Teknologi
Kehebohan Ghozali dengan NFT yang Harganya Capai Miliaran Rupiah

Ist/Ghozali
Swafoto Sultan Gustaf Al Ghozali dalam bentuk NFT (non-fungible token) terjual hingga belasan miliar rupiah.

 

NAMA Ghozali, mahasiswa animasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, tiba-tiba ramai dibicarakan di media sosial setelah swafotonya dalam bentuk NFT (non-fungible token) terjual hingga belasan miliar rupiah.

Dalam perbincangan dengan SerMorpheus melalui IG live, Jumat (14/1), Sultan Gustaf Al Ghozali, mengungkapkan bahwa keputusan menjual 932 swafoto NFT merupakan eksperimen untuk menawarkan sesuatu yang berbeda di jagat NFT.

“NFT kebanyakan (berbentuk) ilustrasi, 3D art, editan Photoshop. Memang ada (yang berupa) foto, tapi umumnya pemandangan,” ujar pria 22 tahun tersebut. 

Dalam percakapan tersebut, Ghozali juga mengutarakan dukungan dari komunitas kolektor NFT Indonesia menjadi faktor utama yang menyebabkan karyanya terjual laris manis.

“(Di kanal) Discord NFT Indonesia banyak support. Banyak yang ngomongin, terus pada sepakat beli satu-satu untuk bantu saya,” tutur Ghozali.

Co-founder SerMorpheus, platform NFT asli Indonesia, Rahmat Hidayat, menilai penghasilan yang didapat Ghozali merupakan buah ketekunan, keberanian, dan dukungan komunitas

. “Bayangkan, mengambil swafoto bertahun-tahun demi membuat timelapse. Berapa banyak orang yang bisa konsisten seperti itu?”

Rahmat menyatakan ide yang dihasilkan Ghozali terbilang baru. Gagasan itu bisa menginspirasi kreator NFT lain sekaligus mendorong publik untuk lebih memahami seluk-beluk NFT, yang selama ini identik dengan karya seni.

Menurut Rahmat, NFT tidak terbatas pada karya seni. Ia mencontohkan, SerMorpheus berkolaborasi dengan Jazz Goes to Campus untuk mengeluarkan tiket NFT. Perhelatan JGTC ke-44 yang akan digelar Februari mendatang pun akan menggunakan tiket NFT.

“Ini pertama kali terjadi di Asia Tenggara,” ujarnya.

Ghozali pun mengakui penggunaan NFT akan terus berkembang. Ia mengaku baru mengetahui bahwa NFT memiliki fungsi tambahan dan bisa menjadi tiket pertunjukan.

Adapun Rahmat menyatakan tiket NFT menawarkan berbagai keunggulan seperti mencegah pemalsuan tiket dan menjadi memorabilia pertunjukan. “Jika Ghozali tidak padat dengan tugas kuliah, kami tunggu di JGTC,” ucap Rahmat.

Diluncurkan Januari 2022, SerMorpheus merupakan platform jual-beli NFT di Indonesia. Menggunakan rupiah, platform SerMorpheus menawarkan kemudahan bertransaksi bagi siapapun. NFT For Everyone. (RO/OL-09)
 

Baca Juga

Dok. Panasonic

Kamera Lumix GH5M2 Hadirkan banyak Fitur untuk Permudah Proses Live Streaming 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 18 Januari 2022, 20:21 WIB
Memiliki Sensor Digital Live MOS 20,3 megapiksel dengan lapisan AR (Anti-Reflective), LUMIX GH5M2 dengan jelas mampu menangkap detail dan...
Ist

Pacu Logistik Digital Indonesia, Shipper Umumkan Jajaran Komisaris

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Januari 2022, 16:07 WIB
Sebagai startup solusi e-commerce, Shipper terus memperkuat sektor UMKM yang akan memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi...
Medcom

Clubhouse Sediakan Fitur Baru untuk Bagikan Konten

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 18 Januari 2022, 13:30 WIB
Clubhouse mengumumkan fitur baru mereka Share on Clubhouse, Share and Clip Counts, dan Web...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya