Kamis 21 Oktober 2021, 09:18 WIB

Pengembalian/Refund Uang dari Dana Mengecewakan, Ada Indikasi Penipuan

A. Primanita, Tangerang, Banten | Surat Pembaca
Pengembalian/Refund Uang dari Dana Mengecewakan, Ada Indikasi Penipuan

DOk.Medcom.id
Ilustrasi Aplikasi Dana

 

Proses pengembalian uang saya senilai Rp500 ribu oleh dana tidak kunjung beres, padahal sudah 14 hari sejak proses pelaporan pertama saya. Bahkan ada indikasi penipuan yang dilakukan oknum CS Dana dengan mengirimkan bukti-bukti pengembalian/refund uang saya, tetapi ketika saya cek ke bank CIMB Niaga tidak ada transaksi pengembalian dari pihak aplikasi Dana. Berikut kronologinya:

Pada 7 Oktober 2021 pukul 18.23 WIB, saya melakukan transfer lewat aplikasi dana sebesar Rp500.000 dari rekening CIMB Niaga ke Rekening BCA. Namun, tidak seperti biasanya, status transfernya pending.

1. Saya membuat laporan lewat email help@dana.id. Isinya: "Saya pengguna aplikasi dana dengan nomor handphone 08151849264 ingin  transfer sebesar Rp 500.000 melalui Dana dari rekening CIMB Niaga ke BCA pukul 18:23. Namun, tidak seperti biasanya yang langsung terkirim, status transferan saya PENDING dan rekening CIMB Niaga saya sudah terpotong sebesar Rp 500.000."

2. Kemudian saya mengisi form/template data yang diminta pihak Dana untuk melengkapi laporan. Data rekening pengirim (CIMB) dan data rekening penerima transfer (BCA). Pihak Dana menyatakan akan memproses laporan saya dengan dijanjikan estimasi penyelesaian 5x24 jam.

3. Pada 14 Oktober 2021 saya mengecek status transaksi saya di aplikasi Dana, dan telah berubah menjadi "canceled". Kemudian saya balas email lagi ke help@dana.id bahwa transaksi sudah berubah status, namun tidak ada pengembalian uang saya ke rekening CIMB Niaga. Saya juga menyertakan rekap transaksi di rekening CIMB bahwa memang tidak ada uang pengembalian dari Pihak Dana.

4. Atas email saya tersebut, pihak CS Aplikasi Dana memberikan balasan pada 14 oktober 2021.

"Selamat datang di Customer Care DANA. Saya Iren, Customer Care yang membantu. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terkait transfer saldo antar rekening Rp500.000 ke rekening BCA melalui kartu debit Bank CIMB Niaga yang tersimpan diaplikasi DANA pada 07 Oktober 2021 yang belum diterima, Iren informasikan bahwa transaksi yang Ibu Indah lakukan tidak berhasil. Kami telah memproses refund ke pihak Bank CIMB Niaga atas transaksi yang Ibu lakukan pada tanggal 13 Oktober 2021 pukul 12:20:05 WIB. Pihak Bank CIMB Niaga akan memproses refund tersebut ke rekening Ibu Indah dengan estimasi waktu sesuai kebijakan bank terkait. Silakan Ibu Indah menghubungi pihak Bank CIMB Niaga dengan memberikan data yang kami lampirkan."

Mereka juga melampirkan sejumlah foto tangkapan layar yang pihak Dana mengklaimnya sebagai bukti pengembalian/refund.

Description: C:\Users\Arientha\AppData\Local\Temp\unnamed-1.png

Description: C:\Users\Arientha\AppData\Local\Temp\unnamed.png

Description: C:\Users\Arientha\AppData\Local\Temp\unnamed-2.png

 

5. Akhirnya pada 18 Oktober 2021 saya mendatangi kantor CIMB Niaga Bintaro untuk memastikan apakah benar pihak dana sudah mengirimkan pengembalian/refund dan keterlambatan/proses memang disebabkan pihak bank CIMB niaga?

Ternyata tidak ada pengembalian. Menurut CS dari Bank CIMB niaga di sistem mereka tidak ada pengembalian/refund uang saya sebesar Rp500 ribu dari pihak Dana pada 13 oktober 2021. Mereka juga menegaskan bahwa jika ada pengembalian/refund maka akan langsung masuk ke rekening saya, tidak ada delay/penundaan atas proses pengembalian di CIMB niaga.

Inilah yang memunculkan kecurigaan saya terutama terkait dengan bukti-bukti refund/pengembalian uang yang disampaikan pihak Dana palsu/rekayasa, bahkan ada indikasi penipuan dengan melampirkan bukti pengembalian palsu. Apakah ini sistem atau perbuatan oknum di dana? Ini yang harus diklarifikasi.

Dari sini saya curiga, jangan-jangan kasus semacam ini menjadi modus dari pihak Aplikasi Dana untuk mengambil uang pengguna/customer.

Untuk itu saya tolong uang saya Rp500 ribu segera dikembalikan ke rekening CIMB saya. Perusahaan legal seperti dana janganlah tercoreng oleh aksi-aksi yang mengarah pada penipuan dan penyelewengan uang pengguna/user.

Terima kasih.

A. Primanita, Tangerang, Banten. (08151849264)

Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: forum@mediaindonesia.com

Baca Juga

dok.pribadi

Pak Wali kota, Warga Perumahan Permata Buana Kembangan Jakbar Dipersekusi?

👤Sugiyanto 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 10:15 WIB
Pak Wali kota, Warga Perumahan Permata Buana Kembangan Jakbar...
Dok.ist

Hak Jawab Linda Theresia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 13 September 2021, 07:15 WIB
Klien saya memiliki surat alas hak tahun 1996 yang sah dan tercatat pada buku tanah di kelurahan dan kecamatan...
dok.pribadi

Peristiwa 5 Agustus, Sepenggal Catatan Pengingat

👤Ammarsjah Tapol sekaligus saksi sejarah 🕔Jumat 06 Agustus 2021, 15:30 WIB
RIBUAN mahasiswa baru memenuhi Gedung Serba Guna (GSG) ITB pada Sabtu pagi, 5 Agustus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya