Selasa 14 Maret 2017, 20:52 WIB

WN Australia Pengguna Narkoba Divonis Ringan

Arnoldus Dhae | Nusantara
WN Australia Pengguna Narkoba Divonis Ringan

(AP Photo/Firdia Lisnawati)

 

MAJELIS Hakim Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, menghukum sangat ringan terdakwa Guiseppe Serafino, 48, warga negara Australia yang kedapatan menggunakan narkoba jenis hasis dengan berat total 7,32 gram selama tujuh bulan penjara.

"Terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah tanpa hak dan melawan hukum mengunakan narkoba golongan I bukan tanaman bagi dirinya sendiri," kata Ketua Majelis Hakim Erwin Djong di Pengadilan Negeri Denpasar, Selasa (14/3).

Menurut hakim, Guiseppe Serafino terbukti bersalah melanggar Pasal 127 Ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Vonis hakim itu lebih ringan daripada tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Gede Wiraguna Wiradarma dalam sidang sebelumnya yang menuntut hukuman satu tahun penjara.

Mendengar putusan hakim tersebut, terdakwa menyatakan menerima, sedangkan JPU menyatakan pikir-pikir.

Hal yang meringankan hukuman terdakwa karena bersikap sopan dalam persidangan, belum pernah dihukum, mengakui perbuatannya, menyesali perbuatannya bersalah, dan berjanji tidak mengulangi perbuatannya.

Dalam dakwaan disebutkan, terdakwa ditangkap berkat pengembangan kasus penangkapan oknum aparat dari TNI dan Polri yang juga ikut mengedarkan barang haram itu.

Terdakwa yang tinggal di Jalan Tunggak Bungin blok D Nomor 7 Banjar Bet Ngandang, Sanur, itu pada September 2016 setelah ditelepon seseorang yang tidak dikenalnya dan janjian bertemu di restoran cepat saji Sanur.

Kemudian, terdakwa bertemu dengan orang tersebut dan menyerahkan uang Rp3 juta sebagai uang pembelian hasis. Kemudian, orang itu memberikan tas plastik warna hitam kepada terdakwa yang didalamnya berisi hasis.

Selanjutnya, terdakwa kembali ke rumahnya dan langsung menggunakan barang haram itu, dan sisa barang haram itu disimpan di dalam tas koper warna hitam.

Petugas yang mengetahui kediaman terdakwa langsung melakukan penggerebekan dan berhasil menggeledah satu tas plastik hitam berisi narkoba yang diduga hasis.

Polisi juga menemukan satu buah kaleng coklat yang didalamnya berisi tiga korek api gas, empat kertas pelinting rokok, satu buah bong.

Saat diperiksa petugas, terdakwa mengaku semua barang merupakan miliknya yang dibeli dari seseorang. (Ant/OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More