Selasa 14 Maret 2017, 09:33 WIB

UMKM masih Jadi Penopang Ekonomi

MI | Nusantara
UMKM masih Jadi Penopang Ekonomi

Dirut BRI Asmawi Syam saat berbicara di kampus Unpad, Bandung---ANTARA

 

SAMPAI saat ini, UMKM masih menjadi penopang terbesar bagi perekonomian Indonesia. Bantuan perbankan penting, tapi tidak lantas membuat sebuah usaha sukses begitu saja.

"Banyak hal yang menjadi faktor kesuksesan sebuah usaha, di antaranya ialah komitmen, konsistensi, kreatif, inovatif, dan jaringan," papar Dirut BRI Asmawi Syam di kampus Universitas Padja-djaran, Bandung, akhir pekan lalu.

Dalam acara CEO Talk yang digelar Unpad BUMN Center of Excellent itu, Asmawi menyatakan BRI juga membantu para pengusaha UMKM, terutama dari sisi permodalan. "Usaha yang bankable memiliki kesempatan besar mendapatkan bantuan permodalan."

BRI, lanjutnya, sudah melayani banyak nasabah yang sukses mengembangkan UMKM. Ada 12 usaha yang mereka geluti. Secara khusus BRI mencatat kesuksesan para pengusaha tersebut dalam sebuah buku berjudul Bisnis Rakyat.

Terkait dengan perkembangan dunia usaha saat ini, Asmawi menyatakan dunia perbankan juga dituntut untuk melakukan transformasi.

Perbankan harus berubah agar tidak tertinggal dari financial technology yang semakin berkembang. "BRI harus melakukan transformasi, tetapi tetap fokus di segmen UMKM," tandasnya.(BU/N-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More