Kamis 02 Maret 2017, 19:45 WIB

Langkah NU Dinilai Menentukan Pertarungan Pilkada DKI

Ilham Wibowo | Politik dan Hukum
Langkah NU Dinilai Menentukan Pertarungan Pilkada DKI

ANTARA/Hafidz Mubarak A

 

LANGKAH warga pemilih yang bernaung dalam organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) dinilai menjadi penentu peta pertarungan Pilkada DKI Jakarta. Putaran kedua nanti akan diikuti pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi.

"Menurut saya mungkin yang akan menentukan pertarungan Pilkada DKI Jakarta adalah kemana langkah NU pergi," kata Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti di kantor Formappi, Jalan Matraman, Jakarta Timur, Kamis (2/3).

Dalam politik praktis, kata Ray, NU direpresentasikan kepada dua partai ideologi Islam yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Menurutnya, koalisi bersama dua partai ini dinilai akan menjadi penentu hasil perolehan suara.

"Penting untuk menarik warga NU dibawah PKB dan PPP sebagai wajah keagamaan yang moderat," ujarnya.

Ray menilai, pada putaran kedua nanti, peta pertarungan diprediksi akan cenderung beradu simbol keagamaan. Dua pasangan yang lolos masih punya kesempatan yang sama meraih dukungan suara terbanyak.

"Siapa yang bisa mendapat simpati publik lebih kuat. Putaran kedua ini pertarungan simbol," kata dia. MTVN/OL-2

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More