Selasa 24 November 2015, 00:00 WIB

Siswa SDN Pandemulyo Sering Cium Bau Toilet

TS/H-2 | Humaniora
Siswa SDN Pandemulyo Sering Cium Bau Toilet

MI/TOSSIANI

 
SEBANYAK delapan ruangan di SDN Pandemulyo, Kecamatan Bulu, Temanggung, Jawa Tengah, mengalami rusak parah.

Empat bangunan rusak yang merupakan ruang kelas terpaksa difungsikan sebagai ruangan lain agar tidak membahayakan keselamatan siswa.

Sri Utami, guru Kelas 2 SDN Pandemulyo, mengatakan empat ruang kelas rusak saat ini difungsikan sebagai ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang olahraga dan multimedia, serta musala.

Empat ruangan lain yang juga rusak parah ialah kamar WC (toilet) siswa laki-laki serta perempuan yang terpisah, ruang penjaga sekolah, dapur, dan ruang gudang.

"Kerusakannya sudah sangat parah, rata-rata di bagian atap, lantai, dan tembok. Kami khawatir nantinya runtuh dan menimpa siswa sehingga empat ruangan kelas kami fungsikan jadi ruangan lain," tutur Sri di Temanggung, Jateng, pekan lalu.

Selain ruangan kelas, kerusakan paling parah terjadi di bagian atap ruang penjaga sekolah. Bagian atap yang terbuat dari bahan bambu sudah jebol. Bagian rangka atap juga sudah lapuk.

"Bangunan sekolah ini memang sudah tua, sejak 1978 sampai kini belum total direnovasi. Sekitar 2003 pernah mendapatkan bantuan dana block grant sebesar Rp30 juta, tapi hanya cukup untuk mengganti genteng," ujar Sri.

Samsul Arifin, guru Kelas 4 SDN Pandemul-yo, menimpali kerusakan bagian WC amat mengganggu kegiatan belajar mengajar karena sering menimbulkan bau tidak sedap ke ruangan kelas. Para guru berupaya mengatasi bau tak sedap dengan menutup jendela dan pintu kelas.

Namun, bau tidak sedap itu tetap masuk melalui ventilasi udara sehingga tetap mengganggu siswa.

"Saat ini kami berupaya mengajukan permohonan perbaikan ruang sekolah rusak melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), tapi sampai kini belum turun. Padahal, kerusakan ruangan itu sudah berlangsung 5-8 tahun terakhir."

SDN Pandemulyo memiliki total 20 ruangan dengan jumlah siswa sebanyak 150 orang dari kelas 1 sampai 6.

Selain pernah menerima block grant pada 2003, dua ruangan, yakni ruangan kelas 1 dan 2, pernah diperbaiki menggunakan DAK 2012.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More