Jumat 03 Februari 2017, 08:25 WIB

Rizieq Diminta tidak Bawa Massa

Ant/P-1 | Politik dan Hukum
Rizieq Diminta tidak Bawa Massa

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

 

POLRI mengimbau pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab agar tidak membawa massa pendukungnya pada saat menjalani pemeriksaan di kepolisian.

“Pemeriksaan sejumlah tokoh, misalnya Habib Rizieq Shihab, kami amati membawa pendukung massa. Kami harapkan para tokoh tersebut jangan mengajak terlalu banyak pendukungnya,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, kemarin.

Pasalnya, kehadiran massa pendukung dalam jumlah besar akan menganggu aktivitas masyarakat. Ia mencontohkan pada pemeriksaan Rizieq sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan upaya makar di Polda Metro Jaya, Rabu (1/2), aksi massa telah membuat kemacetan dan merugikan pengguna jalan.

Selain itu, pemeriksaan Ri-zieq di Polda Jabar dalam kasus dugaan penistaan Pancasila beberapa waktu lalu akhirnya berujung bentrok antara massa FPI dan massa Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI). “Di Bandung terjadi gesekan,” katanya.

Boy berharap pada pemeriksaan berikutnya Rizieq tidak akan mengerahkan massa pendukung untuk turun ke jalan. Pihaknya pun meluruskan adanya tudingan kriminalisasi terhadap ulama, khususnya terhadap Rizieq.

Mantan Kapolda Banten itu menegaskan tidak ada kriminalisasi dalam sejumlah kasus yang melibatkan Rizieq. “Tidak ada kriminalisasi, semuanya murni proses hukum yang sedang berjalan,” katanya.

Setidaknya ada delapan kasus yang melibatkan Rizieq. Salah satu di antaranya telah mendudukkannya sebagai tersangka, yakni kasus duga-an penodaan Pancasila yang dilaporkan Sukmawati Soekar-noputri.
Imam besar FPI tersebut juga akan dipanggil polisi untuk diperiksa dalam kasus pornografi bersama Firza Husein. (Ant/P-1)

Baca Juga

Antara/Oky Lukmansyah

Keppres-PP soal Covid-19 Beri Legitimasi Polri Bubarkan Kerumunan

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 01 April 2020, 18:53 WIB
"Dasar hukum yang digunakan Polri untuk melarang dan membubarkan orang-orang yang bergerombol, berkerumun, tidak menerapkan jarak...
Antara/Aprilio Akbar

Begini Cara Penerapan Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 01 April 2020, 17:48 WIB
Peraturan pemerintah ini dapat dijalankan di daerah yang wilayahnya terdapat penyebaran wabah...
MI/Susanto

KPK Masih Tunggu Pejabat yang Belum Setor LHKPN

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 01 April 2020, 17:47 WIB
Hingga 31 Maret, tingkat kepatuhan LHKPN untuk pelaporan tahun 2019 mencapai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya