Mengolah dengan Teknologi Modern

Penulis: Kisar Radjagukguk Pada: Jumat, 27 Feb 2015, 00:00 WIB Megapolitan
Mengolah dengan Teknologi Modern

MI/BARRY FATAHILAH

TEMPAT pengolahan sampah modern akan dibangun di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Untuk memuluskan rencana itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah membebaskan lahan seluas 6 hektare.

Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok sekaligus Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Kota Depok Oka Barmara Soebaedah menargetkan pembangunan tempat pengelolaan sampah modern segera terealisasi sekitar 2016.

''TPA Cipayung tak bisa digunakan untuk menampung 1.200 ton atau 3.600 m3 per harinya. Karena itu, kita akan bangun TPA modern. Kita ingin memanfaatkan teknologi sampah yang menghasilkan listrik, kompos, abu, dan bahan bakar seperti di negara-negara maju,'' kata Oka di Depok, kemarin (Kamis, 26/2/2015).



Untuk membentuk tempat pengelolaan sampah modern, Pemkot Depok sudah membebaskan lahan 6 hektare di Kelurahan Pasir Putih yang letaknya tak jauh dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, yang kini mengalami overkapasitas sampah.

Namun, menurut Oka, pembangunan instalasi pengolahan sampah modern tersebut masih terhambat oleh negosiasi harga tanah antara Pemkot Depok dan warga pemilik lahan.

Selain itu, sebagian warga sekitar Kelurahan Pasir Putih beranggapan lain. Mereka menduga Tempat Pembuangan Sampah Pasir Putih akan sama dengan TPA Cipayung. ''Padahal bukan begitu,'' kata Oka.

Melalui sosialisasi yang melibatkan tokoh masyarakat berpengaruh, sambungnya, solusi dan jalan keluar akhirnya ditemukan. Dengan solusi itu, Pemkot Depok menargetkan pengoperasian instalasi pengolahan sampah modern sekitar tahun depan. (KG/J-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More