Rabu 04 Januari 2017, 00:46 WIB

Inasgoc Kebut Persiapan Tahun Ini

Ghani Nurcahyadi gani@mediaindonesia.com | Olahraga
Inasgoc Kebut Persiapan Tahun Ini

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

PERSOALAN hukum yang menyeret petinggi Komite Olimpiade Indonesia (KOI) terkait dengan dugaan korupsi dalam persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 tidak akan mengganggu prog-ram yang akan dijalankan Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc). Inasgoc akan tetap fokus dalam pekerjaan, yakni operasional pertandingan, administrasi pertandingan, dukungan pertandingan, dan keamanan.

Hal itu ditegaskan Ketua KOI Erick Thohir yang juga menjabat sebagai presiden Inasgoc di Jakarta, Selasa (3/1). Ia menegaskan masalah hukum yang terjadi tidak akan mengganggu proses persiapan yang dilakukan Inasgoc. “Biarkan prosesnya berjalan. Saya sebagai pribadi dan ketua umum KOI selalu menghormati proses hukum yang sedang berlangsung. Otomatis sebagai warga negara saya selalu memenuhi kewajiban, seperti membayar pajak, menaati perundangan, dan memenuhi panggilan kepolisian jika diperlukan keterangan dari saya,” ujarnya.

Lebih jauh Erick mengatakan Inasgoc memastikan 2017 merupakan puncak persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 karena di akhir tahun akan digelar test event yang akan mempertandingkan 10 cabang olahraga. Menurut Erick, persiapan untuk menghadapi kejuaraan empat tahunan itu sudah tidak lama lagi. Karena itu, pihaknya bertekad akan berkerja lebih keras meski dalam perjalanannya terdapat beberapa rintangan termasuk dugaan penyalahgunaan anggaran. “Persiapan internal seperti kelancaran pembangunan infrastruktur sesuai dengan jadwal, begitu juga dengan faktor eksternal yaitu keyakinan dari OCA (Dewan Olimpiade Asia) akan kemajuan persiapan juga telah dicapai. Kondisi ini membuat kami optimistis bisa bekerja tuntas di sepanjang 2017. Dukungan pemerintah juga menambah semangat kami,” katanya.

Jadi motivasi
Dari segi internal, kata dia, Presiden Joko Widodo juga sudah melihat secara langsung perkembangan pembangunan Wisma Atlet di kawasan Kemayoran, Jakarta. Sesuai dengan jadwal, bulan ini akan dilakukan topping off. Begitu juga dengan perkembangan renovasi Gelora Bung Karno Jakarta maupun di kompleks Jakabaring Sport City Palembang. Semakin cepatnya penyelesaian persiapan fisik terkait dengan venue dan wisma atlet, yang juga mendapatkan apresiasi dari Presiden Jokowi dan OCA, menjadi motivasi Inasgoc untuk merampungkan seluruh proses persiapan tahun ini. Terlebih dengan akan diadakannya test event yang terdiri atas 10 cabang olahraga pada akhir tahun ini.

Sebagai tuan rumah multievent paling bergengsi di Asia ini, kata Erick, semuanya harus dimaksimalkan demi mewujudkan empat sukses yang telah dicanangkan, yaitu sukses prestasi, penyelengaraan, sukses ekonomi kerakyatan, dan sukses administrasi. “Sukses administrasi hal yang tidak kalah penting dengan tiga sukses lainnya. Oleh karena itu, saya selalu menjunjung tinggi aspek pengelolaan keuangan negara yang bersih dan transparan. Saya berte-rima kasih kepada BPK, kepolisian, kejaksaan, Kementerian Keuangan, BPKP, LKPP, dan KPK yang terus membantu panitia Asian Games dalam menjalankan administrasi kami,” jelas Erick. (R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More