Selasa 13 Desember 2016, 16:10 WIB

Awan Mirip UFO Muncul di Sumbar, Pertanda Apa?

Yose Hendra | Nusantara
Awan Mirip UFO Muncul di Sumbar, Pertanda Apa?

Ist

 

AWAN lentikularis atau berbentuk Unidentified Flying Object (UFO) terpantau di langit sejumlah daerah di Sumatra Barat Selasa (13/12).

Kepala Seksi (Kasi) Informasi dan Obsevasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padangpariaman, Budi Iman Samiaji mengatakan awan tersebut terlihat di Kota Sawahlunto, Padang Panjang, dan juga Solok.

“Secara ilmiah, awan mirip UFO itu disebut altocumulus lenticularis yang lebih dikenal sebagai awan lentikularis,” ujarnya.

Dia mengatakan, awan lentikularis sebenarnya hanya awan biasa namun karena adanya dua angin yang berlawanan arah dan saling bertubrukan sehingga membuat awan melintir.

“Adanya angin yang cukup kencang didekat puncak gunung, angin tersebut terbentur gunung sehingga melintir dan mempengaruhi bentuk awan di atasnya atau disebut gelombang gunung,” tandasnya.

Menurutnya, awan tersebut tidak berdampak misalnya mendatangkan bencana. Biasanya maksimal tiga jam gulungan awan tersebut. Namun, dia mengingatkan awan tersebut hendaknya dihindari penerbangan karena memiliki energi turbelensi.OL-2

Baca Juga

Mi/Tosiani

Pasar di Temanggung Sepi karena Covid-19

👤Tosiani 🕔Senin 06 April 2020, 09:03 WIB
Saat ini, puasa tinggal sekitar 19 hari lagi dalam hitungannya. Namun, karena terdampak pandemi covid-19, kondisi pasar sepi. Nyaris tidak...
MI/Palce Amalo

ODP Covid-19 di NTT 684 Orang, 13 Dirawat

👤Palce Amalo 🕔Senin 06 April 2020, 08:44 WIB
Saat ini, arus penumpang ke NTT terus bertambah terutama melalui pelabuhan...
MI/Furqon Ulya Himawan

PAD Yogyakarta Diprediksi Turun 50% Akibat Covid-19

👤Agus Utantoro 🕔Senin 06 April 2020, 08:02 WIB
"Pajak hotel, pajak restoran, maupun retribusi lainnya akan mengalami penurunan yang cukup...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya