Kamis 08 Desember 2016, 13:28 WIB

Kombes M Iqbal Resmi Jabat Kapolrestabes Surabaya

Sri Purwandhari | Nusantara
Kombes M Iqbal Resmi Jabat Kapolrestabes Surabaya

MI/Sri Purwandhari

 

KOMISARIS Besar Polisi (Kombes Pol) Muhammad Iqbal resmi menyandang jabatan baru, yakni Kapolrestabes Surabaya. Dia menggantikan Kombes Pol Iman Sumantri yang mendapat tugas baru sebagai penyidik utama di Bareskrim Polri.

Serah terima jabatan (sertijab) dilakukan di Polda Jatim pada Selasa (6/12).

“Tantangan kita semakin lama semakin berat. Jadi saya minta semua pejabat yang baru dilantik untuk bekerja dengan sungguh-sungguh,” kata Kapolda Jatim Inspektur Jenderal Anton Setiadji saat memberikan sambutan pada acara sertijab tersebut. “Tingkatkan juga penegakan hukum.”

Bagi Iqbal, Kota Surabaya bukanlah kota yang asing baginya. Bahkan tifak hanya Surabaya yang dikenalnya, tapi juga Sidoarjo dan Gresik.

Karier Iqbal di Jawa Timur adalah Kasat Lantas Polwiltabes Surabaya (2006-2007), Kapolres Gresik (2008-2009), Kapolres Sidoarjo (2009-2010), dan Wakapolrestabes Surabaya (2010-2011).

Setelah itu, Kombes Pol M. Iqbal menjadi Kapolres Jakarta Utara (2012-2015) lalu Kabid Humas Polda Metro Jaya (2015-2016).

“Akhirnya, saya pulang kampung,” kata Iqbal. “Saya senang bisa kembali ke Surabaya, karena saya cinta Surabaya dan sudah merasa menjadi bagian dari Surabaya.”

Kendati sudah pernah bertugas di Surabaya, Iqbal menyebutkan bahwa tanggung jawab Kamtibmas bukan hanya tugas polisi.

“Masyarakat harus terlibat dan dilibatkan. Jadi, harus ada kerja sama antara polisi dan masyarakat. Oleh karena itu, saya ingin agar para polisi di jajaran polrestabes bisa menjadi sahabat masyarakat,” sambungnya.

Setelah meninggalkan Surabaya, lima tahun lalu, Iqbal melihat Surabaya mengalami perubahan dan kemajuan yang pesat.

Namun, dia berpendapat bahwa gangguan keamanan tetap ada. Yang menjadi perhatian Iqbal adalah tindak kriminal 3 C, yaitu curas, curat, dan curanmor. Selain itu, yang harus diwaspadai adalah terorisme.

Untuk mengatasinya, alumnus Akademi Kepolisian tahun 1991 itu akan melakukan berbagai upaya, mulai dari tindakan preventif hingga penegakan hukum.

“Yang menjadi prioritas saya saat ini adalah momen Natal dan Tahun Baru yang sudah di depan mata,” katanya. (OL-3)

Baca Juga

MI/SOLMI

Pencairan BLT Dana Desa Tersendat

👤BB/FB/BK/SL/YP/YH/MS/N-2 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:30 WIB
Musyawarah desa khusus digelar untuk menentukan siapa saja yang berhak menerima BLT yang besarnya Rp600 ribu per...
MI/Hijrah Ibrahim

35 Warga Gorontalo Tertahan di Ternate Sejak 8 Mei

👤Hijrah Ibrahim 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:07 WIB
35 warga Gorontalo tidak bisa masuk ke wilayahnya karena Pemprov Gorontalo masih melaksanakan PSBB sampai 29 Mei 2020. Mereka kini...
DOK MI

Tidak Pakai Masker di Banyumas akan Kena Sanksi Tegas

👤Lilik Darmawan 🕔Kamis 28 Mei 2020, 04:15 WIB
Seluruh toko juga harus mewajibkan karyawannya agar bermasker. Jika masih ditemukan karyawan tak bermasker, maka akan ada sanksi bagi toko...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya