Rabu 30 November 2016, 16:30 WIB

10 Destinasi Wisata ini Jadi Prioritas Pemerintah

Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora
10 Destinasi Wisata ini Jadi Prioritas Pemerintah

MI/Panca Syurkani

 

PEMERINTAH memprioritaskan pengembangan 10 destinasi wisata guna menunjang target 20 juta wisatawan pada 2019. Kesepuluh destinasi itu adalah Danau Toba Sumut, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu dan Kota Tua DKI Jakarta, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru Jatim, Mandalika Lombok, Labuan Bajo Komodo NTT, Wakatobi Sultra, dan Morotai Maluku Utara.

Kesepuluh destinasi wisata itu diharapkan dapat menjadi "Bali Baru" guna menarik turis lokal maupun internasional.

Hal itu dikatakan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya usai melantik pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Badan Otoritas Toba (BOT), dan Pengurus Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) periode 2016-2021 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (30/11).

Pelantikan unsur pentahelix pariwisata (akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media) ini, sebagai wujud kekuatan sinergisitas pariwisata nasional dalam mendukung percepatan pembangunan kepariwisataan untuk mencapai target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 275 juta pergerakan wisatawan Nusantaran (wisnus) pada 2019 mendatang.

Arief mengatakan, percepatan pembangunan destinasi prioritas tersebut terutama untuk peningkatan infrastruktur dan aksesibilitas, utamanya fasilitas bandara, pelabuhan, jalan, maupun energi, serta menggencarkan promosi kepada calon investor.

“Penetapan destinasi tersebut merupakan bagian strategi dalam mempertahan pertumbuhan pariwisata (sustainable growth) pada angka dua digit. Kita proyeksikan dari pengembangan 10 destinasi prioritas tersebut akan menghasilkan tambahan sebanyak 12 juta kunjungan wisman.”

Ketua GIPI, Didien Junaedy mengatakan, pemasaran pariwisata, pengembangan destinasi, dan percepatan peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) harus dikejar demi kemajuan pariwisata Indonesia.

“Semuanya ini merupakan program kerja utama GIPI yang harus dicapai, serta fokus pada 10 destinasi prioritas yang ditetapkan pemerintah,” katanya. OL-2

Baca Juga

123RF

Pendidikan Karakter Jadi Prioritas Utama

👤Ihfa Firdausya 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 02:56 WIB
Pendidikan karakter tidak bisa hanya dimasukkan pada kurikulum ataupun buku, tetapi justru ke dalam konten kehidupan...
DOK MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Jadi Pelopor Persatuan dan Kemandirian di Masa Pandemi

👤(Mal/Dro/X-7) 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 02:50 WIB
PEMUDA menjadi aktor penting yang mampu beradaptasi di tengah pandemi covid-19. Selain soal kepeloporan protokol...
ANTARA /INDRIANTO EKO SUWARSO

Berjuang Membebaskan Diri dari Ketertinggalan

👤DERO IQBAL MAHENDRA 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 02:15 WIB
SEMANGAT pemuda pada 92 tahun silam dan semangat pemuda pada saat ini tetap terpelihara dengan bentuk dan tujuan untuk menjawab tantangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya