Selasa 15 November 2016, 06:41 WIB

1945: Perundingan Linggarjati Ditandatangani

Administrator | Humaniora
1945: Perundingan Linggarjati Ditandatangani

Wikipedia

 

PERUNDINGAN Linggarjati melibatkan pihak Indonesia dan Belanda di sebuah daerah bernama Linggarjati, Jawa Barat.

Perundingan itu menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia.

Perundingan Linggarjati diawali dengan masuknya AFNEI yang memboncengi NICA ke Indonesia dan menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dan Belanda.

Sir Archibald Clark Kerr, diplomat Inggris, mengundang Indonesia dan Belanda untuk berunding di Hooge Veluwe.

Namun, perundingan tersebut gagal karena Indonesia meminta Belanda mengakui kedaulatan atas Jawa, Sumatra, dan Madura, sedangkan Belanda hanya mau mengakui Indonesia atas Jawa dan Madura.

Pada Agustus 1946, pemerintah Inggris mengirimkan Lord Killearn ke Indonesia untuk menyelesaikan perundingan Indonesia dengan Belanda.

Akhirnya, pada 7 Oktober 1946, bertempat di Konsulat Jenderal Inggris di Jakarta, dibukalah perundingan Indonesia-Belanda dipimpin Lord Killearn.

Perundingan itu menghasilkan persetujuan gencatan senjata dan meratakan jalan ke arah perundingan di Linggarjati yang dimulai pada 11 November 1946.

Hasil Perundingan Linggarjati ditandatangani di Istana Merdeka pada 15 November 1946 dan diratifikasi kedua negara pada 25 Maret 1947.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More