Minggu 13 September 2015, 00:00 WIB

IDB Segera Realisasikan Kerja Sama Infrastruktur

IDB Segera Realisasikan Kerja Sama Infrastruktur

Antara

 
BANK Pembangunan Islam (Islamic Development Bank/IDB) segera merealisasikan kerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk program kerja sama strategis di sektor infrastruktur dan pertanian.

Presiden IDB Ahmad Mohamed Ali Al-Madani menyampaikan hal itu seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Raja Faisal, Jeddah, kemarin.

Menurut Ahmad Mohamed Ali Al-Madani, IDB tengah merancang sebuah program kerja sama strategis dengan negara anggotanya, dengan pembiayaan hingga US$5 juta.

"Tadi kami meminta masukan saat bertemu Presiden Joko Widodo, dan Indonesia tertarik untuk bidang infrastruktur dan pertanian," ujarnya.

"Indonesia sebetulnya sudah melakukan hal itu dalam kerangka kerja sama Selatan-Selatan, tentunya tidak akan sulit untuk melakukannya bagi negara anggota IDB lainnya," tambah dia.

Ia mengapresiasi peran Indonesia selama ini di dalam organisasi IDB. Selain sebagai salah satu pendiri, Indonesia juga aktif dalam berbagai kerja sama yang melibatkan negara anggota.

Ahmad Mohamed dalam kesempatan pertemuan dengan Presiden Jokowi juga menyampaikan rencana pertemuan para gubernur Bank Sentral anggota IDB di Jakarta Mei 2016 mendatang dan mengharapkan kehadiran Presiden untuk membuka pertemuan tersebut.

Selain itu, dalam kerangka kerja sama antara Indonesia dan negara-negara di kawasan Timur Tengah, Presiden IDB mengatakan perlunya mendorong kembali aktivitas perdagangan antara kamar dagang Indonesia dan kamar dagang di negara-negara tersebut.

Seusai menerima Presiden IDB, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Sekjen Organisasi Konferensi Negara-Negara Islam Iyad Madani.

Selama kunjungan kenegaraan lima hari di Arab Saudi, Presiden Joko Widodo dianugerahi penghargaan King Abdulaziz Medal. Pemberian penghargaan disampaikan langsung Raja Salman bin Abdulaziz di Istana Al-Salam Diwan Malaki, Jeddah, dalam acara jamuan makan malam kenegaraan.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan pemberian penghargaan tersebut merupakan bentuk penghormatan pemerintah Arab Saudi kepada Presiden Joko Widodo.

King Abdulaziz Medal merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada para pemimpin tertinggi atau perdana menteri negara-negara sahabat Saudi.

Pramono pun menyebutkan sambutan Raja Arab Saudi luar biasa terhadap Presiden Joko Widodo saat tiba di Jeddah. Selain ke Arab Saudi, Presiden akan melawat ke Persatuan Emirat Arab dan Qatar. (Pol/Ant/N-4)

Baca Juga

Dok : Reuters/Medcom.id

Kasus Covid-19 Prancis Lampaui 1 Juta

👤Nur/AFP/I-1 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:10 WIB
Pada Kamis, Prancis melaporkan rekor harian kasus baru sebanyak 41.622 dan jumlah pasien dalam perawatan intensif berada pada level...
AFP/Medcom.id

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Covid-19 Gratis di AS

👤Nur/AFP/I-1 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:03 WIB
Lonjakan kasus terjadi kurang dari dua minggu sebelum pemilihan presiden yang akan berlangsung pada 3 November. Virus menghantam sejumlah...
Dok aT

aT Promosikan Makanan Korea ke Sejumlah Negara Asia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 05:59 WIB
Sejumlah influencer dari beberapa negara Asia ditunjuk sebagai ambassador untuk mendukung program K-Food dan menjangkau basis konsumen yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya