Sabtu 15 Oktober 2016, 19:26 WIB

Wujudkan Kampung Ramah Anak di Papua

Thomas Herming Suwarta | Humaniora
Wujudkan Kampung Ramah Anak di Papua

MI/Rommy Pujianto

 

ISU anak di Papua akhir-akhir ini menjadi keprihatinan pemerintah, baik di pusat maupun daerah, serta masyarakat luas. Meningkatnya angka kekerasan terhadap anak, tingginya angka putus sekolah, minimnya akses kesehatan, dan masalah-masalah sosial yang banyak menyentuh soal masa depan anak di Papua, mendorong Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) menggelar konser amal "Mimpiku Untuk Papua" untuk Wujudkan Kampung Ramah Anak di Papua yang digelar di Grand Studio Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat, Sabtu (15/10).

"Dengan konser ini kami berharap agar pihak swasta, pemerintah, serta lembaga masyarakat dapat bersatu hati dan punya komitmen untuk mewujudkan Kampung Ramah Anak di Papua. Kami ajak kita semua untuk ke Papua," kata Ketua Yayasan WVI Agnes Wulandari saat memberikan keterangan pers di Jakarta.

Menurut dia, program Kampung Ramah Anak ini akan dikerjakan selama 5 tahun ke depan di beberapa titik di Papua yaitu Jayawijaya, Jayapura, Merauke, dan Biak.

"Kita berharap dengan program ini anak-anak dapat dirawat dalam lingkungan yang penuh kasih, aman di tengah keluarga, dan komunitasnya dengan pendidikan yang layak dan efektif serta terlindungi dari tindak kekerasan," ungkap Agnes.

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lenny Rosalin menyatakan seluruh komponen masyarakat agar menyatukan hati untuk memperhatikan Papua.

Kata Lenny, sesuai dengan butir ketiga Nawacita, pembangunan Indonesia harus dimulai dari pinggiran melalui penguatan daerah dan desa. "Makanya sudah menjadi tanggungjawab kita jugalah untuk sama-sama memperhatikan Papua, dan tentunya anak. Apalagi untuk seluruh Indonesia, ada 34 persen jumlah penduduk adalah anak-anak."

Konser yang akan ditayangkan di Metro TV pada Minggu 30 Oktober 2016 Pkl 19.30-20.30 WIB itu antara lain diisi seni tari Papua, persembahan lagu dari aktris asal Papua jebolan Indonesia Idol, Nowela, Edo Kondologit, Vidi Aldiano, serta Fungky Papua. OL-2

Baca Juga

AFP/Jason

Andalkan Kecerdasan Buatan Microsoft Hentikan Jurnalis

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 23:37 WIB
PHK adalah bagian dari dorongan yang lebih besar oleh Microsoft untuk mengandalkan kecerdasan buatan untuk mengambil berita dan konten yang...
Antara

AR Google Permudah Hitung Jarak Sosial

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 23:32 WIB
Jika Anda memiliki perangkat Android, cukup buka browser Chrome dan buka goo.gle/sodar untuk mencoba alat baru bernama...
Bea cukai

Covid-19 Momentum Tepat Berhenti Merokok

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 22:58 WIB
Merokok dapat meningkatkan risiko penularan virus korona baru yang akan memperberat komplikasi penyakit akibat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya