Selasa 11 Oktober 2016, 16:23 WIB

Lanud Wirasaba Jadi Bandara, Kemenhub akan Kucurkan Rp50 Miliar

Liliek Dharmawan | Nusantara
Lanud Wirasaba Jadi Bandara, Kemenhub akan Kucurkan Rp50 Miliar

MI/ LILIEK DHARMAWAN

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) bakal mengucurkan dana Rp50 miliar untuk membangun landasan pacu untuk pengembangan Lapangan Udara (Lanud) Wirasaba di Purbalingga, Jawa Tengah, menjadi bandara. Rencana pembangunan landasan pacu dilaksanakan pada tahun depan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Purbalingga Jonathan Eko Nugroho mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan kepastian rencana pengucuran dana senilai Rp50 miliar.

"Pada pekan lalu, ada pejabat dari Kemenhub yang datang ke Wirasaba. Dari hasil pengecekan, semuanya sudah beres dan tinggal nantinya pengucuran dana Rp50 miliar," jelas Jonathan, hari ini.

Menurutnya, pihaknya saat ini tengah melakukan proses pembebasan lahan. "Pihak ketiga yang melakukan pembebasan lahan sudah melakukan penghitungan. Pemkab mengalokasikan anggaran senilai Rp15 miliar untuk pembebasan lahan seluas 4,2 ha dan ditarget rampung akhir tahun ini," katanya.

Dikatakan oleh Jonathan, Lanud Wirasaba saat ini berdiri pada lahan seluas 115,04 ha. Prasarana yang telah tersedia adalah landasan pacu sepanjang 850 meter dengan lebar 50 meter. Untuk pengembangan menjadi bandara, maka dibutuhkan landasan pacu sepanjang 1.500 meter dengan tambahan lebar 30 meter.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More