Selasa 08 September 2015, 00:00 WIB

Pendukung Setia Ratu,Oase di Sela Tugas Kerajaan

Wendy Mehari Utami | Internasional
Pendukung Setia Ratu,Oase di Sela Tugas Kerajaan

AFP/ADAM BERRY

 
RATU Inggris Elizabeth, 89, akan melampaui rekor masa paling lama bertakhta di Kerajaan Inggris, besok (Rabu, 9/9/2015). Namun, ada yang lebih lama daripada rekor itu, yakni masa pernikahannya dengan Pangeran Philip, 94. Tahun ini, tepatnya November mendatang, pernikahan mereka berusia 68 tahun.

Usia Elizabeth ialah 13 tahun saat bertemu Philip pertama kali. Saat itu, Elizabeth tengah berkunjung ke Kampus Angkatan Laut Britania Dartmouth. Philip, kala itu berusia 18 tahun, yang disebut sebagai kadet muda menjanjikan sekaligus anggota keluarga Kerajaan Yunani, ditugasi mengantar Elizabeth berkeliling kampus.

Sally Bedell Smith, penulis buku Elizabeth the Queen: The Life of a Modern Monarch (2012), menyebut seketika itu pula Elizabeth tahu Philip-lah jodohnya.

"Elizabeth amat terkesan melihat Philip saat itu. Philip terlihat segar, cerdas, dan tidak membosankan. Elizabeth juga selalu terlihat cerah saat bersama Philip," ucap Bedell Smith.

Dari situ pula hati keduanya bertaut. Elizabeth dan Philip mulai saling berkirim surat cinta meskipun ayah Elizabeth, Raja George VI, mendesak anak perempuannya itu untuk berkenalan dengan lebih banyak laki-laki.

Banyak pengamat menilai tanda cinta mereka terlihat dari sebuah foto yang diambil dalam acara pernikahan sepupu mereka, Lady Patricia Mountbatten, pada Oktober 1946 di Gereja Romsey Abbey, Hampshire, Inggris.

Elizabeth dan Philip tertangkap kamera saat berada di pintu masuk gereja. Pada foto itu, Elizabeth sedang melepas mantelnya, sedangkan Philip memandangnya lekat-lekat sembari tersenyum.

Pada tahun itu juga, Elizabeth dan Philip bertunangan secara sembunyi-sembunyi. Keputusan itu dinilai kontroversial karena orangtua Elizabeth menentang pernikahan anak perempuan mereka itu pada usia yang amat muda.

Namun, pada April 1947, Raja George VI, ayah Elizabeth, akhirnya melunak dan memberi restu pada pasangan Elizabeth-Philip untuk menikah.

Rencana pernikahan pun disiapkan. Itu juga bukan tanpa pengorbanan. Philip sampai harus melepas kewarganegaraan Yunani dan menyandang nama keluarga Mountbatten yang berasal dari garis maternal kakek-neneknya yang berkewarganegaraan Inggris. Ibu Philip, yakni Putri Alice, ialah cicit Ratu Victoria.

Elizabeth dan Philip menikah pada 20 November 1947 di Westminster Abbey, yakni tempat digelarnya pernikahan Pangeran Williams dan Kate Middleton pada 2011. Usia Elizabeth saat itu 21 tahun dan Philip 26. Pernikahan mereka dihadiri 2.000 tamu undangan dan disiarkan ke 200 juta pemirsa di seluruh dunia.

Sejak menikah, Philip seakan mengambil tempat selangkah di belakang istrinya dalam semua acara resmi. Philip juga berhenti dari titian tangga kariernya di angkatan laut demi menunaikan tugas yang penuh pengabdian, yakni mendampingi istrinya, sang ratu, sesuai dengan aturan protokoler kerajaan.

Elizabeth dan Philip pun bertengkar layaknya pasangan suami istri. Dalam sebuah kunjungan bersama di Australia pada 1954, misalnya. Menurut Robert Hardman, penulis biografi kerajaan, Elizabeth dan Philip terlihat berdebat. Elizabeth lantas tampak berang dan membanting raket tenis ke kepala Philip.

Tentu saja Philip pun merupakan satu-satunya orang yang boleh bersikap sinis kepada istrinya yang penguasa takhta kerajaan itu. Suatu kali, Ratu berulang kali menghela napas karena suaminya kerap mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi.

Karena merasa terganggu dengan sikap istrinya itu, Philip berucap, "Kalau kamu melakukan itu sekali lagi, aku keluarkan kamu dari mobil ini."

Kendati begitu, penulis Sally Bedell Smith mengungkapkan, "Philip pernah mengatakan bahwa mendukung Ratu ialah seluruh hidupnya. Sebaliknya, kepribadian Philip menjadi oase dalam tugas-tugas resmi harian Ratu." (Hello
Magazine/People//I-2)

Baca Juga

Medcom

Serangan terhadap Sekolah di Kamerun, 8 Siswa Tewas

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:24 WIB
PBB mengatakan serangan itu merupakan salah satu yang terburuk di wilayah tersebut hingga saat...
Dok : Reuters/Medcom.id

Kasus Covid-19 Prancis Lampaui 1 Juta

👤Nur/AFP/I-1 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:10 WIB
Pada Kamis, Prancis melaporkan rekor harian kasus baru sebanyak 41.622 dan jumlah pasien dalam perawatan intensif berada pada level...
AFP/Medcom.id

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Covid-19 Gratis di AS

👤Nur/AFP/I-1 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:03 WIB
Lonjakan kasus terjadi kurang dari dua minggu sebelum pemilihan presiden yang akan berlangsung pada 3 November. Virus menghantam sejumlah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya