Sabtu 08 Oktober 2016, 02:30 WIB

Efisiensi Biaya Membuat Pelindo II Raih Laba Rp1,2 Triliun

Administrator | Ekonomi
Efisiensi Biaya Membuat Pelindo II Raih Laba Rp1,2 Triliun

ANTARA

 

DI tengah pertumbuhan ekonomi internasional yang kurang baik selama 2016 tidak membuat kinerja PT Pelabuhan Indonesia II (persero) melorot.

Sampai Agustus, BUMN kepelabuhanan yang juga dikenal sebagai Indonesia Port Company (IPC) itu justru meraih laba berjalan Rp1,2 triliun, pendapatan operasi naik 28%, serta pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) tumbuh 19%.

"Faktor pendukung terbesar pada peningkatan pendapatan ini ialah penerapan program efisiensi biaya dan penguatan pendapatan," papar Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya saat media gathering di Bandung, Jawa Barat, Jumat (7/10).

Ia memaparkan selama 2015 pendapatan operasi bersih perusahaan mencapai Rp7,7 triliun, EBITDA Rp3,05 triliun dan laba komprehensif Rp1,4 triliun. Tahun ini, hingga Agustus, pendapatan operasi mencapai Rp5,6 triliun dan EBITDA Rp2,1 triliun.

"Laba berjalan hingga Agustus mencapai Rp1,2 triliun, meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang membukukan Rp634,5 miliar," tambah Direktur Keuangan IPC Iman Rachman.

Peningkatan itu, lanjut dia, terjadi saat volume kunjungan kapal, barang, dan penumpang mengalami penurunan.

Kenaikan trafik hanya terjadi pada peti kemas, sebesar 2% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Karena itu, tidak berlebihan bila Elvyn optimistis IPC akan menjadi pengelola pelabuhan kelas atas di dunia pada 2020 dari posisi 22 pelabuhan terbaik saat ini.

"Kami terus lakukan pembenahan. Upaya itu memperbaiki dwelling time di Tanjung Priok dari saat ini atas 3 hari menjadi 2,5 hari pada Januari 2017 serta membenahi pengurusan dokumen dari manual menjadi online," jelasnya. (Sug/E-3)

Baca Juga

Ist/Asian Agri

Asian Agri Dukung KUD Sumber Bahagia Siap Remajakan Kebun Sawit  

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Juli 2020, 15:36 WIB
Para petani sawit yang tergabung dalam Koperasi Unit Desa (KUD) Sumber Bahagia bertekad melakukan peremajaan (replanting) kebun...
 MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

Maria Pauline Diekstradisi, Saham BNI sempat Capai Titik Terendah

👤Henri Siagian 🕔Kamis 09 Juli 2020, 15:16 WIB
Frekuensi perdagangan saham BBNI tercatat sebanyak 12.776 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 46,42 juta lembar...
Antara/Nova Wahyudi

Realisasi Program Sejuta Rumah Lambat, Tapera Jadi Solusi

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Kamis 09 Juli 2020, 15:14 WIB
Kementerian PUPR mengungkapkan anggaran untuk mengurangi backlog perumahan masih belum tercukupi. Untuk menyelesaikan persoalan itu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya