Jumat 07 Oktober 2016, 16:08 WIB

Menhub Yakin Dwelling Time di Belawan Menurun

Adhi M.Daryono | Ekonomi
Menhub Yakin Dwelling Time di Belawan Menurun

ANTARA

 

SETELAH Kepolisian Daerah Sumatera Utara menangkap serta menetapkan dua orang sebagai tersangka kasus Dwelling Time di Pelabuhan Belawan Medan, proses bongkar muat di sana akan segera menurun. Hal ini dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelum melakukan pertemuan dengan direksi PT Pelindo I di Kantor Kementerian Perhubungan di Jakarta, Jumat (7/10).

"Informasinya sudah menurun, tetapi dweling time bukan segalanya, tetapi selain daripada waktu kita juga membutuhkan kejujuran dari aparat-aparat ini, salah satu sasaran dari kita selain waktu, kita menghilangkan ketidak jujuran. Dua minggu sebelumnya kami sudah menyatakan bahwa ada indikasi tidak Good Corporate Governance (GCG) di sana," ujarnya.

Budi mengatakan praktik pencaloan yang dilakukan oleh salah satu oknum petugas pelabuhan mengakibatkan proses dwelling time menjadi lama. Namun Budi belum bisa memastikan oknum tersebut berasal dari pihaknya atau oknum calo tertentu.

"Belum ada, tetapi saya menegaskan belum jelas ada keterlibatan tetapi saya mengingatkan, apabila ada yang terlibat tentutnya hukum yang berlaku, dan kita memberikan kewenangan sepenuhnya kepada. Polri dan penagak hukum untuk penegakan," kata Budi.

Saat ini lanjut Budi, pihaknya masih berkonsentrasi untuk membenahi proses dwelling time di 3 pelabuhan besar di Indonesia. Selain Belawan , 2 pelabuhan besar lainnya yakni Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Perak Surabaya.

Sebelumnya Polda Sumut menangkap dan menetapkan tersangka berinisial M dan P. Tersangka M diringkus ketika sedang menerima uang sebesar Rp75 juta dari O mewakili PT Adhi Putra Jaya yang berkantor di Kawasan Industri Medan.

Jumlah uang ini diserahkan perwakilan perusahaan sebagai uang muka dari biaya bongkar muat Rp141 juta. Uang itu rencananya mau disetor ke koperasi sehingga proses bongkar muat berjalan dengan cepat setelah dilakukan pembayaran tersebut. OL-2

Baca Juga

Antara

Mentan dan Menteri PUPR Segera Garap Food Estate di Kalteng

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 03 Juli 2020, 18:23 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sepakat untuk segera menggarap food estate atau lumbung pangan...
MI/M Irfan

PT SER Merasa Dikhianati Pemkab Bojonegoro

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Jumat 03 Juli 2020, 17:35 WIB
Pihak SER setuju untuk mengikuti rapat hari itu tetapi tidak mengganggap rapat itu sebagai...
Antara/Puspa Perwitasari

Pelaku Hoaks Perbankan Ditangkap, OJK: Agar Masyarakat Tenang

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 03 Juli 2020, 17:26 WIB
Kedua pelaku iseng menyebar hoaks soal perbankan nasional, tanpa mengetahui kondisi yang sebenarnya. Alhasil, terjadi penarikan dana...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya