Jumat 07 Oktober 2016, 10:37 WIB

Arus Investasi Global Diprediksi Menurun

Antara | Ekonomi
Arus Investasi Global Diprediksi Menurun

Sekretaris Jenderal UNCTAD, Mukhisa Kituyi---AFP/TONY KARUMBA

 

ARUS investasi asing langsung (FDI) global diperkirakan turun menjadi antara 1,5 triliun hingga 1,6 triliun dolar AS pada 2016. Hal itu terungkap dalam Konferensi PBB mengenai Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) yang digelar di Jenewa, Swiss, Kamis (6/10) waktu setempat.

Menurut perkiraan dari Global Investment Trends Monitor terbaru UNCTAD, angka 2016 mencatat penurunan 10 persen sampai 15 persen dari 2015. Sementara itu, UNCTAD memprediksi FDI global akan pulih pada 2017 dan 2018,

"Penurunan dalam FDI ini mengganggu, karena ekonomi global kami sangat membutuhkan investasi untuk mendapatkan itu terjadi lagi," kata Sekretaris Jenderal UNCTAD, Mukhisa Kituyi.

Laporan ini menjelaskan bahwa penurunan FDI mencerminkan kerapuhan ekonomi global, pelemahan terus-menerus dari permintaan agregat, pertumbuhan lamban di beberapa negara pengekspor komoditas, dan kemerosotan dalam keuntungan beberapa perusahaan multinasional pada 2015.

Sementara itu, Kituyi mencatat, jalan menuju pemulihan FDI global terlihat sulit dan penuh rintangan. "Kami memperkirakan FDI meningkat di 2017, kemudian mencapai 1,8 triliun dolar AS pada 2018, tetapi akan tetap lebih rendah dari puncak pra-krisis," katanya.

Salah satu aspek mencolok dari analisis adalah keragaman antara wilayah yang berbeda. Di Afrika, arus masuk FDI cenderung kembali ke pertumbuhan pada 2016. Dan setelah penurunan tajam selama tiga tahun terakhir, FDI mengalir ke negara-negara transisi yang juga diperkirakan meningkat moderat.

Tapi di negara-negara berkembang di Asia, Amerika Latin dan Karibia, FDI diperkirakan menurun. Di negara maju, FDI tumbuh tajam pada 2015, namun pertumbuhan ini diperkirakan tidak akan bertahan pada tahun ini. OL-2

Baca Juga

ANTARA - HO/KKP

DPR Dukung Kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan

👤¬†Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 06 Juli 2020, 15:09 WIB
Sebelumnya diketahui kebijakan Menteri KKP Edhy Prabowo mendapat kritikan karena mengubah aturan yang dibuat menteri...
MI/Bagus Suryo

Kementan: Inhaler dan Roll On Anti-Korona Siap Akhir Juli Ini

👤Hilda Julaika 🕔Senin 06 Juli 2020, 13:28 WIB
KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) mengatakan kalung antivirus korona berbahan eukaliptus akan siap dipasarkan pada Agustus...
Dok. Pribadi

Penerapan Climate Smart Agriculture Perkuat Ketahanan Pangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Juli 2020, 13:20 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya selalu mendukung kegiatan Gerakan Ketahanan Pangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya