Jumat 07 Oktober 2016, 01:00 WIB

Pemerintah Perlu Berikan Target kepada Pemda

(Ria/S-4) | Ekonomi
Pemerintah Perlu Berikan Target kepada Pemda

MI/AGUNG WIBOWO

 

PEMERINTAH pusat diimbau untuk memberikan target kepada pemerintah daerah dalam penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk percepatan program Sejuta Rumah. Sekjen DPP Realestat Indonesia (REI) Hari Raharta Sudrajat menilai target tersebut akan mempermudah pengembang dalam membangun rumah.

“Kita (DPP REI) pernah mengusulkan kepada pemerintah Jokowi-JK (Presiden-Wakil Presiden), bupati-wali kota itu seharusnya diberi target. Pada saat seperti itu, anggota kita yang di daerah ketika meminta izin untuk membangun perumahannya, akan lain posisinya," kata Hari di Jakarta, Senin (3/10). Menurut Hari, hal itu dilakukan karena sebagian pemda belum memahami dan belum memiliki komitmen penyediaan rumah bagi MBR.

"Memang ada sebagian yang sudah komit." Selain itu, menurut dia, pemda perlu menyediakan anggaran untuk pengadaan tanah dalam bentuk bank tanah (land bank). “Lahan pengembang terbatas dan harga terus naik. Karena itu, pemerintah daerah seharusnya menyiapkan land bank untuk dibangun rumah murah bagi MBR,” kata pengembang asal Jawa Barat yang menjabat Komisaris PT Menara Perkasa Margahayu Land itu.

Ia mengutarakan saat ini pengembang sulit mendapatkan tanah dengan harga yang wajar karena harga tanah terus naik, sedangkan harga rumah subsidi ditetapkan pemerintah. Dengan adanya keterlibatan pemda dalam pengadaan bank tanah, ia yakin harga tanah bisa terkontrol. “Jadi, pemda bisa mengontrol harga lahan, terutama untuk perumahan MBR dan ini sangat penting agar masyarakat di satu kabupaten memiliki rumah yang layak dan harga terjangkau.

Pada kesempatan itu, Hari yang mencalonkan diri sebagai Ketua Umum REI 2016-2019, mengumumkan dirinya akan berpasangan dengan Raymond Arfandy (Wakil Ketua DPP REI) selaku Sekjen dalam pemilihan pengurus DPP REI yang akan berlangsung November mendatang. Mantan Ketua DPD REI Jawa Barat dua periode tersebut menyatakan bila dirinya terpilih sebagai ketua umum, ia akan melanjutkan dan menuntaskan program-program yang telah dicanangkan pengurus DPP REI 2013-2016.

"Antara lain, terus mengawal kebijakan Sejuta Rumah, secepatnya menuntaskan kebijakan yang hampir selesai seperti penyederhaan perizinan, zonasi pertanahan, hunian berimbang, aturan tanah terlantar, aturan DIRE, kepemilikan orang asing dan road map properti Indonesia," ujarnya. (Ria/S-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More