Kamis 06 Oktober 2016, 09:22 WIB

Citilink-Permata Siapkan Darurat Tunai

MI | Ekonomi
Citilink-Permata Siapkan Darurat Tunai

MI/Adam Dwi

 

MASKAPAI berbiaya murah, PT Citilink Indonesia (Ci­tilink) mejalin kerja sama dengan Permata Bank untuk menjamin ketersediaan uang tunai selama 24 jam. Skema kerja sama yang baru pertama kali dilakukan di Tanah Air itu diterapkan di 19 bandar udara besar yang dilayani maskapai penerbangan Citilink.

“Kerja sama ini bertujuan menjamin ketersediaan uang tunai. Jika diperlukan sangat mendesak, misalnya terjadi cuca buruk dan penerbangan harus ditunda, maskapai juga harus menyiapkan dana tunai untuk memenuhi kebutuhan para penumpang selagi mereka menunggu penerbangan,” ujar Direktur Operasional Citilink Hadinoto Soedigno di Jakarta, kemarin.

Kerja sama itu juga berguna jika terjadi pembatal­an penerbangan, saat perusahaan juga harus siap mengantisipasi permintaan pengembalian tiket. “Kalau terjadinya di hari kerja pada jam kerja sih mudah karena bank buka. Namun, kalau kondisi itu terjadi pada hari libur, pukul 22.00, itu yang sulit,” urainya.

Dalam situasi mendesak, Citilink bisa menarik dana tunai hanya dalam waktu 2 jam. “Permata Bank telah menyiapkan saluran khusus Permata Tel yang dapat diaskes 24 jam,” tuturnya.

Terobosan baru yang dilakukan kedua perusahaan itu, sambung Hadinoto, menjadi bukti nyata kedua per­usahaan mengedepankan kenyamanan dan kepuasan para pengguna jasa.

Direktur Retail Banking Permata Bank Bianto Surodjo menekankan kerja sama itu merupakan upaya khusus terus meningkatkan pelayanan.

“Ini memang untuk servis. Kami punya visi yang sama, pandangan yang sama, bahkan warna perusahaan ini juga sama,” ucap Bianto.

Bianto pun mengatakan tidak memberikan batas penarikan dana tunai atau target transaksi dari kerja sama tersebut. “Ini kan kalau darurat saja. Tidak terjadi setiap waktu. Tidak bisa diprediksi. Justru ini pertama kali. Kita akan lihat nanti evaluasinya bagaimana,” paparnya.

Ia pun tidak menutup kemungkinan menjalin kerja sama serupa dengan maskapai lainnya. (Pra/E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More